Pembukaan Rakerta oleh WR I didampingi WR II dan WR III
Pembukaan Rakerta oleh WR I didampingi WR II dan WR III

Bandungan │ (22-23 Agustus 2016) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyelenggarakan Rapat Kerja Tahunan (Rakerta) yang diagendakan rutin setiap tahun dengan mengambil tema “Meningkatkan komitmen pimpinan dan civitas akademika menuju pengembangan institusi Unimus yang unggul dan berdaya saing”. Rakerta diikuti oleh jajaran pimpinan meliputi Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Dekan, Kepala Unit dan KaProdi di lingkungan Unimus. Dibuka oleh Wakil Rektor I (Dr. Sri Darmawati, M.Si.) didampingi Wakil Rektor II (Dr. Sri Rejeki, M.Kep., Sp.Mat.) dan Wakil Rektor III (Drs. Samsudi Rahardjo, MT.), mewakili Rektor (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd.) yang sedang menjalankan ibadah haji. Melalui sambutannya, Wakil Rektor I menghimbau kepada semua peserta agar hasil diskusi dan bahasan kegiatan Rakerta ini hendaknya disosialisasikan kepada tiap unit yang berada di bawahnya, sesuai dengan tema yang diambil, yaitu penguatan komitmen.

Wakil Rektor II menyampaikan, agenda kegiatan yang dirancang selama dua hari ini selaras dengan program kerja yang disusun oleh Rektor di tahun kedua masa kepemimpinannya, yaitu pengembangan institusi menuju mutu unggul. Agenda yang disusun meliputi: 1. Paparan dan diskusi pengembangan bidang 1-2-3 yang disampaikan oleh Wakil Rektor I-II-III; 2. Paparan dan diskusi pengembangan lembaga yang disampaikan oleh Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (Edy Soesanto, SKp., M.Kes.), Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Dr. Dini Cahyandari, MT.), Ketua Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (Rohmat Suprapto, S.Ag., M.Si.); 3. Paparan dan diskusi pengembangan Fakultas dan Program Studi yang dipaparkan oleh Dekan dari tiap Fakultas di lingkungan Unimus.

Kegiatan rakerta Unimus tahun 2016
Kegiatan rakerta Unimus tahun 2016

Penguatan komitmen pimpinan dan civitas akademika memperoleh dukungan dari Badan Pembina Harian (Drs. Wahyudi, M.Pd.) dengan memberikan materi mengenai Komitmen bekerja dan berorganisasi di Muhammadiyah. Berkerja dalam konsep ajaran agama Islam merupakan ibadah. Sehingga setiap pribadi yang bekerja di Unimus hendaknya meniatkan setiap kegiatannya untuk beribadah demi memajukan Unimus. Untuk membangun dan mengembangkan Unimus, dibutuhkan profesionalisme (meliputi: kemampuan konseptual untuk mengintegrasikan kegiatan bagi kepentingan organisasi, ketrampilan hubungan sosial untuk dapat bekerjasama dengan orang lain dan ketrampilan teknis untuk melakukan kegiatan operasional) didukung komitmen dan dedikasi yang menggabungkan pekerjaan dan kehidupan.

Rektor melalui Wakil Rektor I juga menyampaikan bahwa poin rencana program kerja tahun kedepan meliputi: penguatan komitmen civitas akademika; sinergisme internal dan eksternal (melalui amal usaha Muhammadiyah dan non Muhammadiyah) pada bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan ke-Muhammadiyahan. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia merupakan salah satu yang akan ditingkatkan, dengan meningkatkan tingkat pendidikan, jabatan fungsional dan yang paling penting adalah jumlah publikasi dan jumlah proposal yang didanai oleh pemerintah atau organisasi non pemerintah. Bidang kemahasiswaan juga menjadi sasaran berikutnya, dengan target utama meningkatkan jumlah prestasi mahasiswa baik di bidang akademik (peningkatan jumlah proposal PKM mahasiswa yang didanai) maupun non akademik (prestasi di bidang olahraga dan keorganisasian). Tujuan dari keseluruhan pengembangan Unimus kedepan yaitu untuk menjalankan salah satu tujuan Muhammadiyah, amar ma’ruf nahi mungkar dan mencapai visi Unimus untuk menjadi Universitas yang unggul, berkarakter, berbasis teknologi dan berwawasan internasional.

Berfoto bersama Pra-Rakerta
Berfoto bersama Pra-Rakerta

(Reportase: UPT Kehumasan & JIPC)