Dekan FBBA membuka acara didampingi Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Semarang │(18/05/2017) Fakultas Bahasa dan Budaya Asing Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) bekerjasama dengan Balai Bahasa Propinsi Jateng menggelar kegiatan Bengkel Sastra Indonesia di kampus terpadu Kedungmundu selama 3 hari 16-18 Mei 2017. Bengkel Sastra diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan budaya lietarasi pada mahasiswa khususnya pada penciptaan karya sastra yaitu cerita pendek (cerpen). Kegiatan yang diketuai oleh Yunita Nugraheni, M.Pd diikuti  40 mahasiswa Unimus dari berbagai fakultas.

Suasana Bengkel Sastra FBBAHari pertama diawali dengan sambutan  Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Drs. Pardi.,  M.Hum dan Dekan Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Unimus Yesika Maya Oktarani SS M.Hum. Dilanjutkan orientasi literasi oleh Dr. Djoko Setyo Hartono (dosen Unimus), cerpenis ternama S. Prasetyo Utomo dan sastrawan yang sekaligus jurnalis senior Saroni Asikin. “Hari pertama mahasiswa diminta membuat cerpen kemudian diulas oleh Saroni Asikin di hari kedua. Hari ketiga mahasiswa saling memberi ulasan pada cerpen yang diciptakan. Dalam kegiatan Bengkel Sastra dipilih cerpen terbaik menurut Penulis Saroni Asikin yaitu cerpen karya Sri Winda Utami dengan judul “Sepi itu dirimu””.

Penyerahan penghagaan buku kepada penulis cerpen terbaikKegiatan “Bengkel Sastra” menurut Yunita, menuntut mahasiswa untuk berkreasi dalam penciptaan, pengembangan ide, dan pnyuntingan cerpen yang baik dan benar. Selain itu, Desi Ari Pressanti dari Balai Bahasa Jateng juga memberikan ulasan mengenai cerpen karya mahasiswa. Selanjutnya mahasiswa diminta untuk merevisi cerpen yang mereka tulis sesuai ulasan dari pemateri. Karya sastra mahasiswa tersebut rencananya akan diterbitkan dalam bentuk antologi cerpen oleh Balai Bahasa Jawa Tengah. Melalui Bengkel Sastra, diharapkan mahasiswa bisa mengembangkan ide dan menciptakan karya-karya sastra baru dalam berliterasi.

Reportase UPT Humas dan Protokoleressay writer

Loading

Leave a Reply