Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Unimus

123 456 789

info@example.com

Goldsmith Hall

New York, NY 90210

07:30 - 19:00

Monday to Friday

FBBA Unimus Gelar FGD Perubahan Nomenklatur

Dekan FBBA Unimus bersama narasumber dalam acara pembukaan FGD

Semarang | (09/08/2017) Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar Focus Group Discussion (FGD) “Perubahan Nomenklatur Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Unimus” di kampus terpadu Unimus Kedungmundu pada hari Rabu (09/08/2017). FGD dibuka Dekan FBBA Unimus Yesika Maya Oktarani, SS., MHum menghadirkan nara sumber utama Prof. Dr. Agus Maladi Irianto., MA (Kaprodi Susastra Undip dan mantan Dekan FIB Undip), sejumlah stakeholder, alumni, mahasiswa, dan pimpinan fakultas serta pimpinan program studi.

Narasumber FGD Prof. Dr. Agus Maladi Irianto., MA memaparkan materi perubahan nomenklatur

Menurut Prof. Dr. Agus Maladi Irianto perkembangan iptek harus disesuaikan perkembangan stakeholder, sehingga nama fakultas akan sejalan dengan perkembangan stakeholder dan bisa diterima baik oleh pasar. Penamaan yang tepat terhadap sebuah fakultas bisa mengangkat prestise sebuah institusi perguruan tinggi. “Perubahan nomenklatur hal wajar. Pendirian prodi yang baik berdasarkan filsafat ilmu yang di dalamnya terdiri 3 hal penting Ontologi, Epistomologi, dan Axiologi. Juga berdasarkan pembagian ilmu terdiri ilmu alam, ilmu sosial, dan humaniora. Bila acuan dan rujukan tersebut sudah sesuai maka tinggal bagaimana selanjutnya memasarkan prodi-prodi yang dibentuk tersebut” ungkap Prof. Agus. “Perlu dipikirkan dengan baik saat pemberian nama fakultas karena ada kaitannya pula dengan gelar yang akan disandang mahasiswanya dan hal itu ada kaitannya pula dengan peraturan perundangan di Dikti. Nomenklatur perlu diubah agar tidak ketinggalan guna memiliki fakultas atau prodi yang laik jual” tambah Prof. Agus Maladi Irianto.

Suasana FGD nomenklatur FBBA Unimus

Pembahasan dan diskusi selama FGD berjalan aktif di antara kelompok stakeholder, alumni, mahasiswa, dosen, dan pimpinan Universitas. Hadir sejumlah perwakilan stakeholder di antaranya dari unsur sekolah menengah (Dr Siswanto Kasek SMAN 9 Semarang, Atiek Indriyastuti SPd SMAN 15 Semarang, Misbakhul Huda MAN 2 Semarang), Desi AP (Balai Bahasa Jateng), Teguh (RRI), Sugeng Irianto (Kedaulatan Rakyat), Pandhu Satyabrata (Himpunan Pramuwisata Indonesia) dan Tyas (penerjemah Indo Translation). Unsur dosen dipimpin Kaprodi S1 Sastra Inggris Diana Hardiyanti, SS.M.Hum dan kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris Muhimatul Ifada, M.Pd serta unsur pimpinan dari Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M). Dekan FBBA Unimus menyatakan berdasarkan hasil FGD maka FBBA akan menyampaikan usulan ke Senat, ke universitas dan nantinya universitas mempunyai naskah akademik terkait perubahan nama fakultas FBBA.

Comments are closed.