Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Unimus

123 456 789

info@example.com

Goldsmith Hall

New York, NY 90210

07:30 - 19:00

Monday to Friday

Mahasiswa Unimus Ikuti Youth Exchange Program Di Jepang

Dari Kiri: Kaprodi S1 Teknologi Pangan, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Irma Fitriana, Direktur Ponpes Sahlan Rosyidi dan Direktur IRO Unimus.

Semarang │(25/05/2017) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) kembali terlibat dalam kegiatan internasional. Kali ini Irma Fitriana Ardi Kusuma mahasiswa semester V Program Studi S1 Teknologi Pangan berkesempatan mengikuti “Japan East Asia of Exchange for Student and Youth (JENESYS) yang diselenggarakan oleh Japan International Cooperation Center (JICC). Program JENESYS adalah program yang bertujuan untuk mempromosikan hubungan saling percaya dan saling pengertian antara Jepang dan kawasan Asia Pasifik termasuk Indonesia dan membangun dasar untuk persahabatan dan kerjasama masa depan dalam hal ekonomi, sejarah, budaya, dan hubungan diplomatik. Keberangkatan dilepas oleh Wakil Rektor II Unimus (Dr. Sri Rejeki, M.Kep, Sp.Mat), Wakil Rektor III Unimus (Drs. Samsudi Raharjo, MM, MT), Direktur Pondok Pesantren Putri Sahlan Rosyidi (Rohmat Suprapto, S.Ag., M.Si), Ketua Program Studi S1 Teknologi Pangan (Dr. Nurhidajah, M.Si) dan Direktur International Relationship Officer (IRO) Unimus (M. Yusuf, PhD) pada kegiatan doa pagi, Senin 25 September 2017.

Mahasiswa S1 Teknologi Pangan memberikan ucapan permohonan doa restu didampingi Direktur IRO dan Kaprodi S1 Teknologi Pangan

Program Japan East Asia of Exchange for Student and Youth akan diikuti Irma dari tanggal 2-10 Oktober 2017 bersama 19 remaja lain dari seluruh Indonesia. Dikemukakan oleh Direktur Pondok Pesantren Putri Sahlan Rosyidi Unimus bahwa Irma yang merupakan Musyrifah sekaligus mahasantri Pondok Pesantren Putri Sahlan Rosyidi tersebut  dapat mengikuti program Youth Exchange  di Jepang setelah lolos seleksi administrasi dan wawancara oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Rohmat Suprapto, S.Ag., M.Si yang mendampingi Irma dalam proses seleksi yang menyampaikan bahwa Irma terpilih karena memiliki keunggulan dalam kemampuan bahasa Inggris, keunggulan dalam bidang organisasi dan sosial. “Alhamdulillah dan selamat kepada Sdr Irma, harapan kami ini bisa meningkatkan kualitas santri dan institusi Unimus. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Islam yang berkemajuan sekaligus mengenal dan mempelajari budaya bangsa dan masyarakat Jepang. Saudari Irma dapat mengambil sisi positif nilai-nilai dan karakter bangsa Jepang yang kuat, kreatif, dan penuh tanggung jawab” Ungkap Rohmat Suprapto.   “Irma bisa menjadi contoh bagi mahasiswa lain. Irma memiliki catatan positif sehingga pantas memenangkan kompetisi ini. Irma pernah menjabat sebagai ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Pangan tahun 2016-2017, menjadi pengurus UKM Global Unimus divisi Hospitality, pengurus Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia (HMPPI), dan juga anggota Pramuka. Irma juga punya prestasi  sebagai juara Harapan 3 Lomba Kreativitas Teknologi Pangan Tingkat Pelajar dan Mahasiswa se Jawa, dan pernah berkompetisi dalam debat  Bahasa Inggris Tingkat Universitas” tambah Direktur IRO Unimus. Irma mengungkapkan bersama 20 duta dari seluruh Indonesia ia akan mengikuti berbagai kegiatan antara lain pertamuan dengan duta besar Jepang di Indonesia, mengikuti  pembelajaran tentang negara Jepang, orientasi dan diskusi/workshop di beberapa tempat seperti di Waseda UniversityMeji Jungu Shrine dan Zenko-ji TempleHukuba Ski Jumping Stadium, commercial facility di Odaiba juga kunjungan ke kawasan Industri.. “Selama di Jepang kami akan tinggal bersama keluarga Jepang, beradaptasi dengan kehidupan mereka sehari-hari dan melakukan diskusi berbagai hal tentang budaya, agama, sosial dan ekonomi” tambah Irma.

Pada kesempatan itu Wakil Rektor II berpesan agar duta Unimus mendapatkan pengalaman dalam berbagi informasi tentang agama, budaya dan sosial juga membina hubungan dengan banyak pihak.  “Yang paling penting mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya, agar ketika kembali ke Indonesia dapat membagi informasi pada teman-teman dan menjadi contoh bagi adik-adik kelas agar termotivasi mengikuti program-program selanjutnya” tambah Wakil Rektor II. Dengan terpilihnya mahasiswa Unimus mengikuti program Japan East Asia of Exchange for Student and Youth menjadi salah satu wujud internalisasi kredo “Unimus menuju mutu unggul” dan menjadi salah satu bentuk upaya mewujudkan salah satu poin dalam visi Unimus, yaitu berwawasan internasional

Reportase UPT Kehumasan & Protokoler

Comments are closed.