Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

MENGAWALI PILREK 2015 | UNIMUS GELAR PUBLIC HEARING

Public Hearing Pemilihan Rektor Unimus
Public Hearing Pemilihan Rektor Unimus

Rektor, Keynote speaker, moderator, notulen.

Menyongsong pemilihan Rektor Unimus periode 2015-2019, Universitas Muhammadiyah Semarang mengadakan Public Hearing (04/03/2015): “Mencari Sosok Rektor Unimus Menuju Kampus Unggul dan Islami” dengan keynote speaker Prof. Dr. H.M. Noor Rachman Hadjam, SU (Majelis Dikti PP Muhammadiyah).  Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pemangku kepentingan Unimus antara lain: Drs. H. Musman Tholib, M.Ag (Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah), Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tembalang, H. Widadi, S.H. (Badan Pembina Harian), Prof. Dr. dr. Rifki Muslim (Direktur RS Roemani), Drs. Rahmat Suprapto, M.Si. (Direktur Ponpes Sahlan Rosidi)serta civitas akademika diantaranya Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Ka Prodi, Ka Biro, Organisasi mahasiswa, BEM universitas, Bem fakultas, IMM universitas dan IMM fakultas.
Kegiatan public hearing tersebut merupakan awal dari rangkaian pemilihan rektor

Public Hearing Pemilihan Rektor Unimus

Prof. Dr. H.M. Noor Rachman Hadjam, SU
dalam acara Public Hearing Pemilihan Rektor Unimus 2015 – 2019

sebelum dilaksanakan penjaringan bakal calon rektor. Menurut panitia pemilihan, kegiatan public hearing ini sebagai upaya jajak pendapat menangkap aspirasi kriteria bakal calon Rektor Unimus periode 2015-2019 sebagaimana yang tercantum dalam rangkaian pemilihan rektor berikut:

Tahap I Public hearing 4 Maret 2015
Tahap II Penjaringan bakal calon rektor 27 Maret – 9 April 2015
Tahap III Penetapan bakal calon rektor 29 April 2015
Tahap IV Fit and proper test oleh PWM 7-21 Mei 2015
Tahap V Sosialisasi calon rektor 22-26 Mei 2015
Tahap VI Pemaparan visi-misi dan pemilihan calon rektor 29 Mei 2015
Tahap VII Masa penetapan calon rektor oleh PP Muhammadiyah 30 Mei-28 Juni 2015
Tahap VIII Pelantikan dan serah terima jabatan rektor 27 Juli 2015
Prof. Djamaluddin Darwis, MA. | Rektor Unimus Mebuka Acara

Prof. Djamaluddin Darwis, MA. | Rektor Unimus Mebuka Acara

Rektor Unimus Prof. Djamaludin Darwis, MA dalam sambutannya mengatakan bahwa Unimus membutuhkan sosok calon rektor yang mampu memajukan Muhammadiyah, dengan memenuhi kriteria keislaman, kezuhudan, ketulusan serta keikhlasan dalam memimpin Unimus.
Keynote speaker Prof. Dr. H.M. Noor Rachman Hadjam, SU menekankan beberapa hal penting yang baiknya dimiliki oleh calon Rektor Unimus diantaranya seorang akademisi dan kader Muhammadiyah yang mampu mengatasi tantangan dalam menghadapi perekonomian global MEA 2015; memiliki visi dan misi sesuai yang ditetapkan universitas yaitu unggul, islami dan berwawasan global; serta mampu mengejawantahkan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat menjadi tuntunan seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW melalui sifat siddiq, amanah, tabligh dan fathonah.
Beberapa masukan mengenai kriteria calon rektor juga ditambahkan oleh undangan diantaranya Drs. H. Musman Tholib, M.Ag. yang menyampaikan bahwa sosok calon rektor Unimus harus mampu memajukan Muhammadiyah melalui Amal Usaha Muhammadiyah. H. Widadi, S.H. menambahkan bahwa untuk menuju A university to the excellence maka Unimus membutuhkan calon rektor yang dapat menghantarkan Unimus agar menjadi excellence / berkualitas. Perwakilan mahasiswa yang diwakili oleh BEM dan IMM menambahkan bahwa kriteria yang diharapkan adalah seorang pemimpin yang visioner, tegas, mempunyai pengalaman manajerial yang mumpuni, mempunyai jejaring yang baik di tingkat lokal maupun internasional, serta mampu menghantar Unimus menjadi kampus yang unggul dan islami.
Segenap civitas akademika Universitas Muhammadiyah Semarang turut mendoakan agar calon rektor yang kelak terpilih mampu melaksanakan amanah dan memenuhi kriteria yang diharapkan oleh banyak pihak sebagai gambaran dari hasil public hearing ini.