Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Unimus

123 456 789

info@example.com

Goldsmith Hall

New York, NY 90210

07:30 - 19:00

Monday to Friday

Mahasiswa Unimus Asah Talenta dan Kepekaan Melalui Festival Film Pendek

Pembukaan Festival Film Pendek Civic Study Club Universitas Muhammadiyah Semarang 2017

Semarang │UNIMUS (26/12/2017) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) telah menggelar kegiatan “Festival Film Pendek Civic Study Club Universitas Muhammadiyah Semarang 2017″. Kegiatan yang ini bertajuk “Pemuda Hebat Pemuda Berkarya” di gelar di gedung SLB Semarang, diikuti sejumlah 573 mahasiswa semester 1 dari 12 program studi yang tergabung dalam kelompok belajar Civic study club, yaitu prodi yang mengambil mata kuliah pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Dikemukakan oleh penggagas acara yang juga dosen  mata kuliah pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Meidi Saputra, M.Pd bahwa festival diselenggarakan dengan harapan dapat membentuk karakter unggul pada mahasiswa agar nantinya mahasiswa menjadi generasi hebat, terus berkarya, berprestasi dengan karya – karyanya. “Festival film pendek yang baru pertama kali di gelar ini merupakan rangkaian penutup mata kuliah Pancasila, Kewarganegaraan dan Ilmu Sosial Budaya, yaitu mahasiswa membuat produk perkuliahan berupa film pendek bertemakan sosial kemasyarakatan” papar Meidi.

Persembahan tari pada acara pembukaan Festival Film Pendek

Acara yang digelar dari jam 09.00 sampai jam 15.00 tersebut berjalan dengan sukses menampilkan 12 film pendek bertema kondisi sosial saat ini. Beberapa judul film yang ditayangkan dalam festival antara lain “Problem Solver” karya mahasiwa Teknik Mesin, “Khilaf” karya mahasiwa Kebidanan, “Salma” karya mahasiswa Akuntansi, “Negeri Tanpa Rasa” kreasi mahasiswa pendidikan kimia, “Senja Untuk Jingga” besutan mahasiawa Teknologi Pangan, juga film berjudul “Karena Dia” karya mahasiswa Sastra dan Pendidikan Bahasa Inggris. “Film kreasi mahasiswa yang juga ditayangkan pada festival adalah: Same But Different, The Slice Of Origami, Petuah Bapak, Cinta Lolly Pup, Choice dan Batik Berbicara”. Selain pemutaran film karya mahasiswa pada acara tersebut juga dilakukan penilaian dan pemilihan pemenang beberapa kategori. Kategori yang di nilai adalah poster terbaik, penulis naskah terbaik, aktor terbaik, aktris terbaik dan film terbaik. Terpilih sebagai poster terbaik adalah “Salma”, film terbaik “Choice” besutan mahasiswa Analis Kesehatan program B, Aktor terbaik Haris Maksus dari Analis Kesehatan program B, Aktris terbaik Erlita Dwi Septiana Putri dari D3 Kebidanan. Sementara itu penulis skenario terbaik diraih oleh Safira Firdaus dan Anisa Indah Cahyanti dari S1 Teknologi Pangan.

Persembahan drama karya Usmar Ismail bertajuk “Ayahku Pulang” pada pembukaan festival

Disampaikan oleh salah satu panitia premier film Unimus 2017 Untung Prasetyo Ilham (mahasiswa S1 Sastra Inggris) bahwa kegiatan bertujuan untuk menanamkan semangat nasionalisme dalam rangka mewujudkan smart and good citizen serta mengembangkan potensi mahasiswa untuk menciptakan karya kontemporer di era global. “Festival film karya mahasiswa Unimus juga bertujuan untuk memperkuat jiwa kritis mahasiswa menghadapi isu kewarganegaraan dan mewujudkan integritas pemuda dalam mewujudkan semangat kebangsaan” tambah Untung. Digelarnya acara ini menjadi wujud bahwa pembelajaran tidak melulu harus di kelas tapi bisa di kemas dengan apik dan kreatif.

Poster terbaik film“Salma” karya mahasiswa S1 Akuntansi

Reportase UPT Kehumasan dan Keprotokoleran

Comments are closed.