Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

HMJ DIII TLM Gelar Lomba Artikel Ilmiah dan Videografi SMK Se-Jawa

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (Drs. Samsudi Raharjo, MT) membuka acara lomba penulisan artikel ilmiah dan videografi

Semarang │Unimus (18/02/2018) Proses pendidikan yang dikembangkan, dalam dunia sekolah harus menyeimbangkan pendidikan akademik dan non akademik. Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler (non akademik) di sekolah memungkinkan siswa memperoleh nilai tambahan dalam hal pengalaman organisasi yang kelak akan sangat diperlukan manakala mereka telah berada di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, mereka pun memperoleh kesempatan untuk mengembangkan minat dan bakatnya masing-masing, berkompetisi, serta mengukir prestasi. Sebagai upaya mengakomodir pengembangan minat bakat remaja dan siswa sekolah, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) DIII Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyelenggarakan kegiatan Lomba Artikel Ilmiah dan Videografi SMK Se-Jawa. Penilaian presentasi artikel dan videografi di laksanakan di gedung laboratorium kesehatan terpadu pada 17 Februari 2018 dibuka oleh Wakil Rektor III Unimus.

Pemenang lomba penulisan artikel ilmiah tingkat SMK Kesehatan Se-Jawa usai menerima penghargaan

Dituturkan oleh ketua panitia Didin Nurhavidin bahwa lomba ini merupakan terobosan untuk membentuk potensi remaja kreatif, berintelektual, dan terampil. “Kegiatan lomba juga bertujuan untuk meningkatkan motivasi dalam meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat, memotivasi siswa-siswi untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dalam penguasaan bidang sains terapan” tambah Didin. Ditambahkan oleh ketua program studi DIII Teknologi Laboratorium Medis Unimus (Herlisa Anggraini, SKM, M.Si.Med) kegiatan yang murni diadakan oleh mahasiswa dengan dukungan dari program studi diadakan dengan harapan dapat meningkatan kemampuan siswa SMK untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. “Selain diadakan kegiatan lomba, siswa peserta lomba juga akan mengikuti kampus tour dan laboratorium tour di Unimus egiatan laboratorium tour di pandu langsung oleh dosen untuk mengenalkan laboratorium dan kampus Unimus serta membangun kecintaan terhadap profesi” ungkap Herlisa.

Tim SMK Theresiana Semarang Pemenang lomba videografi terbaik

Lomba artikel ilmiah diikuti oleh 13 tim dari 9 SMK Kesehatan, sementara lomba videografi diikuti oleh 6 tim dari 4 SMK Kesehatan. Penghargaan artikel ilmiah terbaik diberikan kepada SMK Avicenna Lasem dengan judul artilkel “Efektifitas Ekstrak Buah Kawis (Limonia Acidissima) Sebagai Bioinsektisida Sediaan Antinyamuk Elektrik Terhadap Kematian Nyamuk”. Juara dua artikel ilmiah diberikan kepada SMK Bhakti  Mulia Wonogiri dengan judul artikel “Pola Hidup Sehat Sebagai Upaya Mengurangi Risiko Gagal Ginjal Kronik”, dan peringkat tiga artikel terbaik diraih SMK Muhammadiyah 4 Surakarta dengan judul artikel “ Potensi Bunga Kecombrang Sebagai Pengawet Makanan Alami”. Penghargaan kategori videografi  terbaik peringkat pertama diraih SMK Theresiana Semarang dengan judul video “Hematocrit Examination” sedangkan peringkat kedua videografi diraih oleh SMK Nusaputra Semarang dengan judul video “Aku dan Laboratoriumku”

Tim dari SMK Avicenna Lasem pemenang lomba artikel ilmiah terbaik

Reportase UPT Kehumasan dan Keprotokoleran

Comments are closed.