Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Visitasi Akreditasi Program Pendidikan Dokter Gigi Unimus

Asesor melakukan kunjungan lapangan didampingi Wakil Rektor I, Ketua LPPPM dan Dekan FKG

Unimus │Kamis-Sabtu tanggal 03-04 Mei 2018 Program Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melaksanakan visitasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PT-Kes). Kegiatan visitasi Pendidikan Dokter ini merupakan kegiatan reakreditasi program studi.

Mewakili LAM PT-Kes hadir tiga asesor yaitu Prof. Dr. Drg. Tri Erri Astoeti, M.Kes (USAKTI), Prof. Dr.drg. Chiquita Prahasanti, Sp.Perio (K) dari UNAIR dan Dr. drg. Hendra Dian Aditya, Sp.KG (K). Ketiga asesor diterima di rektorat Unimus oleh Rektor (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd.), Wakil Rektor I (Dr. Sri Darmawati, M.Si.), Wakil Rektor II (Dr. Sri Rejeki, M.Kep., Sp.Mat.), Wakil Rektor III (Drs. Samsudi Raharjo, MM, MT) dan seluruh  jajaran pimpinan Fakultas dan Program Studi sebelum memulai kegiatan assesmen lapangan.

Paparan profil FKG Unimus oleh Dekan Fakultas Kedoktera Gigi (drg. Budiono, M.Pd)

Dalam sambutannya Rektor Unimus Prof. Masrukhi menyampaikan bahwa untuk menginternasilasikan visi FKG maka tidak hanya bahasanya saja yang internasional tapi konten kurikulum dan proses belajar bertaraf internasional. “Kurikulum FKG harus bisa mengadopsi kurikulum yang berstandar internasional sehingga lulusan FKG Unimus bisa bertanding dan bersanding di kancah internasional” papar Rektor. Diupayakan juga kegiatan bersama dalam hal keilmuan dengan institusi lain di luar negeri. Adanya student mobility dengan mengirimkan mahasiswa mahasiswa untuk belajar dan training ke luar negeri, juga menerima mahasiswa asing untuk belajar di Unimus” tambah Prof. Masrukhi.

Rektor Unimus, Wakil Rektor I dan para pimpinan FKG Unimus berfoto bersama asesor LAM PT-Kes usai penandatanganan berita acara visitasi

Kegiatan assesmen lapangan bertujuan untuk melakukan klarifikasi data dari borang yang telah dikirim dengan bukti fisik program studi. Visitasi hari pertama diawali oleh paparan fakultas oleh Dekan Fakultas Kedokteran (drg. Budiono, M.Pd) dan diskusi dengan pimpinan Universitas, pimpinan fakultas dan pimpinan program studi.  Dalam diskusi dengan pimpinan Unimus dan pimpinan FKG salah satu asesor Prof. Dr. Chiquita memaparkan bahwa visi FKG Unimus sangat baik dan perlu dipertimbahkan bagaimana agar visi membawa dokter gigi kita untuk bisa di terima secara internasional, perlu di pertimbangkan. Berikutnya dilanjutkan dengan checking bukti fisik. Visitasi lapangan hari ke dua dengan peninjauan fasilitas sarana prasarana yang meliputi Rumah Sakit Homebased di Rumah Sakit Umum Daerah KRMT Wogsonegoro dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Unimus yang dijadikan lahan praktek mahasiswa. Assesmen lapangan dilanjutkan dengan peninjauan ke ruang kelas, laboratorium, perpustakaan diakhiri dengan paparan hasil asesment lapangan oleh asesor.

Program Pendidikan Dokter Unimus yang memiliki visi “Menjadi penyelenggara pendidikan dokter gigi insan mulia, berbasis teknologi dan berdaya saing internasional pada tahun 2030” diharapkan mendapatkan hasil yang maksimal, menyusul hasil akreditasi A dan B oleh program studi lain di Unimus. Pencapaian hasil akreditasi Program Pendidikan Dokter Gigi yang baik akan semakin melengkapi kredo Unimus untuk menjadi “A University for the excellence”.

Reportase UPT Humas & Protokoler

Comments are closed.