Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Unimus Gelar Workshop Reviewer Jurnal Dan Klinik Usulan Penelitian Hibah DRPM Sesuai Panduan XII 2018

Semarang | Sebagai upaya untuk meningkatkan dan mempersiapkan strategi pengusulan penelitian serta meningkatkan kualitas jurnal, Unimus mengadakan Workshop Reviewer Jurnal & Klinik Usulan Penelitian Hibah DRPM Sesuai Panduan XII tahun 2018. Kegiatan ini diikuti oleh dosen-dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Semarang yang sudah menyelesaikan pendidikan Doktoral dalam upaya meningkatkan kemampuan dosen untuk bisa  melakukan publikasi baik di jurnal nasional maupun internasional, sebagai bagian dari salah satu catur dharma perguruan tinggi. Menghadirkan Prof. Dr. Ir. Syaiful Anwar, M.Si selaku narasumber dari Universitas Diponegoro Semarang. Diadakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Lab. Kesehatan Unimus pada Selasa, 8 Mei 2018.

 

Prof. Dr. Ir. Syaiful Anwar, M.Si saat memaparkan berbagai strategi agar sebuah artikel dapat diterima dalam sebuah jurnal internasional terakreditasi.

 

Dalam sambutannya, Dr. Sri Darmawati, M.Si. selaku Wakil Rektor I Unimus menyatakan bahwa Workshop Reviewer Jurnal & Klinik Usulan Penelitian Hibah DRPM tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas penelitian dan pengabdian dosen Unimus. “Kegiatan ini untuk melatih pembuatan jurnal dari dosen-dosen Unimus agar sesuai dengan apa yang harapkan oleh Kemenristekdikti nantinya. Harapannya, setelah pelatihan ini teman-teman (dosen) memiliki sertifikat untuk mereview sehingga bisa direkomendasikan untuk mereview jurnal-jurnal dari yang lainnya,” tambahnya.

 

Suasana Workshop Reviewer Jurnal & Klinik Usulan Penelitian Hibah DRPM Sesuai Panduan XII tahun 2018

 

Prof. Dr. Ir. Syaiful Anwar, M.Si memaparkan berbagai strategi agar sebuah artikel dapat diterima dalam sebuah jurnal internasional terakreditasi. “Ada 3 daftar penilaian kelayakan usulan penelitian, yaitu kualitas dan kuantitas publikasi artikel di jurnal ilmiah, substansi usulan, serta kewajaran rencana anggaran biaya,’’ ungkapnya. Syaiful menambahkan bahwa penilaian usulan penelitian kini ada 2 deskripsi panduan yaitu rekam jejak pengusul (bobot 40%) dan usulan penelitian itu sendiri (bobot 60%). Syaiful memberikan kisi-kisi POS (Prosedur Operasional Standar) untuk tim PAK (Penilaian Angka Kredit) pengusul dalam penilaian usulan kenaikan jabatan akademik/ pangkat dosen di lingkungan Unimus. Tiga hal langkah pengecekan dan penilaian usulan yaitu : Data pendukung / administrasi usulan lengkap dan benar, Cukup Angka Kredit (Komulatif dan distribusinya), serta syarat khusus ada dan memenuhi syarat yang diminta.

 

Comments are closed.