Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Dua Wirusahawan Muda Unimus Kembali Juarai Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia

Tim mahasiswa dari D3 TLM peraih hibah KBMI melalui jasa “Delivery Order Laboratory (DOL)”

Semarang │(10/06/2018) Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Fikkes) dan mahasiswa S1 Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Muhamadiyah Semarang (Unimus) kembali meraih prestasi nasional dalam bidang non akademik. Prestasi yang diraih oleh dua tim mahasiswa tersebut berhasil lolos dalam hibah Program Kewirausahaan Indonesia (PMWI) di bidang Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) tingkat nasional tahun 2018. Program yang diselenggarakan untuk menumbuhkembangkan wirausahawan muda baru tersebut  didanai oleh Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristek Dikti.

Tim pertama dari D3 Teknologi Laboratorium Medis (TLM) mejuarai hibah KBMI pada kategori jasa  diketuai oleh Fathin Karimatun Nisa D3 dengan judul “Delivery Order Labiratory (DOL)” Jasa Check Laboratorium Pemeriksaan Glukosa Kolesterol dan Asam Urat On Delivery Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat” dengan anggota Qurnia Reni Sagita, Didik Purwanto, Erma Dyah Vivianti dan Nurjanah kesemuanya dari D3 TLM. Fathin memaparkan bahwa awal mula ide bisnis ini adalah melihat jumlah masyarakat kurang imbang jumlah fasilitas kesehatan yang mana jumlah fasilitas kesehatan masih terlalu kecil untuk memenuhi kualitas kesehatan masyarakat. Selain itu masyarakat harus menunggu antrian terlalu lama, sehingga kami berinovasi menciptakan jasa layanan kesehatan yg kami beri nama “Delivery Order Laboratory (DOL)” yg meliputi cek glukosa kolesterol asam urat. “Pelayanan kesehatan ini bermaksud untuk meringankan para lansia dan masyarakat umum yg memerlukan pemeriksaan laboratorium sederhana untuk mengontrol kesehatannya. Peluang kesehatan ini sangat menjanjikan karena usaha DOL adalah usaha baru dan pertama di kota Semarang” pungkasnya.

Tim kedua peraih hibah KBMI adalah tim yang diketuai oleh Lia Lu’lu’l Luthfiyah dari program studi S1 Pendidikan Kimia dengan judul “Hasna Salon Muslimah (Inspiration Beauty of Muslimah” pada kategori Industri Jasa. Proyek kewirausahaan bidang kecantikan ini beranggotakan Nana Ela Nurliana Indah dari S1 Pendidikan Kimia dan Dwi Irana dari S1 Keperawatan. Disampaikan oleh ketua pelaksana Lia Lu’lu’l Luthfiyah bahwa bisnis ditekuni saat berdiri pada tanggal 26 Februari 2018 yang menjadi salon muslimah dengan visi “Menjadi Muslimah Beauty Center Yang Menginspirasi Di Asia”.  “Kami mendirikan salon ini bukan semata mata hanya ingin berbisnis tapi sebagai media dakwah, sebagai contoh kami selalu memberikan update promo via media sosial tiap bulan. Salah satunya free refleksi dan gunting setiap setor hafalan 5 surat” tambahnya. “Selain itu Kami ingin sekali menyadarkan kepada para wanita muslimah betapa pentingnya merawat diri, karena Islam sangat mencintai keindahan dan kebersihan. Hasna Salon Muslimah memberikan perawatan lengkap Perfectly Beauty Care For Moslem Woman yang layanannya beauty home care dan datang langsung ke outlet” pungkasnya.

Kedua peraih hibah KBMI yang mendapat bimbingan dari dosen program studi D3 TLM Evy Prastyanto, M.Si dan dosen S1 Pendidikan Kimia Eko Yuliyanto., M.Pd nantinya akan mendapat bantuan dana usaha dari Dirjen Belmawa Kemenristek Dikti. Rektor sangat mengapresiasi capaian prestasi mahasiswa dan berharap capaian prestasi sejenis akan meningkat tahun depan. “Prestasi yang diraih oleh mahasiswa dalam bidang non akademik tersebut menjadi bukti bahwa Unimus senantiasa memberikan support pada penumbuhkembangan jiwa wirausaha pada mahasiswa” pungkas Rektor.

 

Reportase UPT Humas dan Protokoler

 

Comments are closed.