Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Tingkatkan Komitmen dan Mutu Unimus Gelar Rakerta

Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi memaparkan arah dan kebijakan di tahun 2018-2019

Semarang │(04/07/2018) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) kembali menyelenggarakan kegiatan Rapat Kerja Tahunan (Rakerta) diikuti oleh jajaran pimpinan meliputi Rektor, Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Dekan, Kepala Unit dan KaProdi di lingkungan Unimus. Berlangsung selama dua hari 03-04 Juli 2018 agenda rakerta meliputi: 1). Penguatan Komitmen; 2) Paparan dan diskusi arah kebijakan rektor; 3) Paparan dan diskusi pengembangan Bidang I-III, 4) Paparan dan diskusi pengembangan lembaga dan fakultas di lingkungan Unimus. Rakerta digelar di Hotel Laras Asri Salatiga dibuka Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi., M.Pd.  Dalam sambutannya Rektor Unimus menyampaikan, “Capaian yang diraih Unimus,  dengan izin Allah patut kita syukuri bersama, hal ini menunjukkan kinerja yang yang baik dan sinergis dari para pimpinan dan segenap civitas akademika Universitas Muhammadiyah Semarang”.

Wakil Rektor I Unimus Dr. Sri Darmawati, M.Si memaparkan program unggulan bidang I

Kegiatan hari pertama di awali dengan pemberian materi tentang penguatan komitmen pimpinan dan civitas akademika oleh ketua Badan Pembina Harian (BPH). Ketua BPH (Drs. Wahyudi, M.Pd) menyampaikan bahwa berkerja dalam konsep ajaran agama Islam merupakan ibadah. Sehingga setiap pribadi yang bekerja di Unimus hendaknya meniatkan setiap kegiatannya untuk beribadah demi memajukan Unimus. Untuk membangun dan mengembangkan Unimus, dibutuhkan profesionalisme didukung komitmen dan dedikasi yang menggabungkan pekerjaan dan kehidupan. “Komitmen adalah perilaku terpenting dari semua perilaku, merupakan inti integritas dan kunci kepercayaan. Komitmen totalitas (kaffah) melibatkan empat perangkat yait disiplin, visi, gairah dan nurani” papar Ketua BPH. “Memenuhi komitmen adalah perilaku yang cepat menumbuhkan harapan dan kepercayaan pada semua relasi, semua civitas yang ada di lingkungan Muhammadiyah harus memahami bahwa hidup kita bukan main-main namun menjalankan mandat / amanah Allah” tambah Ketua BPH.

Rektor, Wakil Rektor bersama Dekan di lingkungan Unimus berfoto bersama di sela-sela Rakerta

Rektor menyampaikan bahwa program unggulan prioritas tahun akademik 2018-2019 meliputi: (1)  Akreditasi AIPT menjadi A di akhir tahun 2019, (2) Berkembangnya good governance, menuju iklim akademik yang berkualitas, (3) Rekrutmen mahasiswa baru sekurang-kurangnya 3000 mahasiswa. “Ada beberapa target capaian untuk tahun 2018-2019 adalah (1) Lima prodi terakreditasi A; (2) Realisir ijin prodi baru yaitu profesi kebidanan, S2 Keperawatan, dan S1 Teknologi Informatika; (3) Operasional S2 TLM; (4) Rintisan seminar yang berskala internasional pada setiap fakultas; (5) Terwujudnya 2 jurnal terakreditasi nasional; (6) Fasilitasi akses jurnal internasional terindex; terwujudnya 2 jurnal terakreditasi nasional; (7) Terjadi kenaikan yang signifikan, kualitas, kuantitas, pemerataan penelitian dan pengabdian masyarakat; (8) Internalisasi nilai-nilai keislaman & kemuhamadiyahan 90% (jamah duhur, kajian hadits, sholat lail, dsb); (9) Peningkatan kualitas kerjasama dalam dan luar negeri; Menjaga dan mengembangkan kualitas pengelolaan keuanga; (10) Mengembangkan system pengelolaan asset; (11) Meningkatkan kesejahteraan dosen dan karyawan; (12) Gedung FK sudah bisa di fungsikan; (13) Penyelesaian gedung kuliah bersama, Gedung Serba Guna dan masjid; (15) Dimulainya rancangan gedung FT dan MIPA; (15) Terbentuk tim pengembangan kampus Unimus di Jepara; (16) RSGMP sudah operasional sebagai layanan masyarakat umum” papar Rektor. Rektor juga menyampaikan bahwa bidang kemahasiswaan menjadi salah satu sasaran penting, dengan target utama meningkatkan jumlah prestasi mahasiswa baik di bidang akademik antara lain minimal 10 tim PKM masuk PIMNAS tahun 2019. Mahasiswa merupakan etalase perguruan tinggi, jika mahasiswa banyak prestasi maka akan meningkatkan nama baik institusi” Ungkap Rektor. Tujuan dari keseluruhan pengembangan Unimus kedepan yaitu untuk menjalankan salah satu tujuan Muhammadiyah, amar ma’ruf nahi mungkar dan mencapai visi Unimus untuk menjadi Universitas yang unggul, berkarakter, berbasis teknologi dan berwawasan internasional.

 

Reportase UPT Kehumasan & Protokoler

Comments are closed.