Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Unimus Kirim Tiga Mahasiswa Ikuti Pimnas Ke-31

Dari kiri: Eko Yuliyanto, M.Si, Johara Aulia Zaeni, Luqmanul Hakim, Aisyiyah Dinnur Utami memamerkan poster inovasi PKM

Semarang│ Unimus (30/8/2018) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mengirimkan tiga mahasiswa mengikuti kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Ke-31 di Universitas Negeri Yogyakarta.  Ketiga mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unimus tersebut bergabung dengan 1.520 mahasiswa lain dari 136 perguruan tinggi di Indonesia dan berlaga dalam Pimnas pada 30 Agustus sampai 1 September  2018.

Ketiga mahasiswa yang mewakili Unimus dalam ajang Pimnas adalah Johara Aulia Zaeni (Pendidikan Kimia 2014), Aisyiyah Dinnur Utami (Pendidikan Kimia 2016) serta Luqmanul Hakim (Pendidikan Matematika 2014). Mereka akan mempresentasikan karya inovasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) berjudul “Pop-Up Chemistry for Kids Menumbuhkan Critical Thinking & Pro Lingkungan”. Johara mengungkapkan bahwa karya tersebut merupakan produk inovasi yang berfungsi sebagai media pembelajaran bagi anak-anak SD dalam meningkatkan daya berpikir kritis dan mempunyai kepekaan tinggi terhadap lingkungan. “Kami berusaha agar  bisa tampil terbaik. memilih konsep pop up dikarenakan pop up adalah teknik yang menggunakan gambar muncul dipermukaan kertas, sehingga menarik perhatian bagi anak-anak SD” ungkap Johara.

Aisyiyah D. Utami (jilbab merah muda) bersama Johara A. Zaeni) saat memperlihatkan hasil karya PKM “Pop-Up Chemistry for Kids Menumbuhkan Critical Thinking & Pro Lingkungan

Mereka akan berlaga dengan didampingi oleh pembimbing Eko Yuliyanto, M.Si dan Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd selaku ketua prodi S1 Pendidikan Kimia Unimus. “Kami bersyukur, karena tidak semua mahasiswa memiliki kesempatan tersebut. Melewati beberapa tahapan yaitu lolos pendanaan dikti, presentasi laporan, pengumpulan laporan kemajuan dan laporan akhir. Semua itu tidak datang secara instan. Semua itu adalah buah kesabaran dan kerja keras serta mengajarkan untuk kerja tim, manajemen waktu serta luaran yang diharapakan” Ujar Fitria. Menurutnya peran dosen pendamping sudah dioptimalkan untuk pendampingan dan pemberian support. “Kami berupaya mempersiapkan dengan matang berbagai hal yaitu mental, ketercapaian luaran, keberlanjutan, komersialisasi produk, poster, serta performa penampilan. Berharap mendapatkan hasil terbaik sebagai juara” tambah Fitria.

Wakil Rektor III Unimus Samsudi Raharjo, MM, MT menuatakan bahwa sejauh ini minat mahasiswa untuk mengasilkan PKM yang berkualitas semakin meningkat. Tercatat pada tahun 2018 sebanyak 23 proposal PKM mahasiswa Unimus lolos untuk mendapatkan pendanaan dari Kemenristekdikti. “Semoga tahun berikutnya akan semakin banyak mahasiswa Unimus yang lolos untuk mengikuti Pimnas dan meraih prestasi yang membanggakan Unimus” tambah WR III.

Reportase UPT Humas dan Protokoler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *