Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Dr. Stalis Norma Wakili Indonesia Dalam Seminar Internasional Di Italia

Dr. Stalis Norma Ethica, M.Si usai memaparkan makalahnya pada seminar Euro-Global Conference on Food Science, Agronomy and Technology

Roma │(22/09/2018) Dosen Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menjadi salah satu wakil Indonesia dalam kegiatan bergengsi bertaraf internasional di Eropa. Dr. Stalis Norma Ethica, M.Si dosen program studi D3 Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Fikkes) Unimus mengikuti kegiatan seminar internasional di Roma Italia. Dr. Norma terpilih menjadi invited presenter pada Euro-Global Conference on Food Science, Agronomy and Technology (FAT’2018) yang di gelar tanggal 20-22 September 2018, sebuah konferensi internasional yang di gelar kota Roma Aurelia, Italia.

Dr. Norma menjadi peserta konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Magnus Group, yaitu suatu lembaga penyelenggara konferensi, pertemuan, seminar dan lokakarya bereputasi internasional yang menghadirkan pembicara cendekia kelas dunia. Konferensi yang diikuti 79 peserta dari 31 negara tersebut diadakan sebagai sarana untuk mengkomunikasikan berbagai peta jalan penelitian dan strategi inovatif yang memberdayakan kekuatan dengan mengatasi berbagai kesulitan yang terkait dalam bidang masing-masing. Dosen peraih tiga Hak Kekayaan Intelektual (HKI) tahun 2018 tersebut mempresentasikan artikel hasil penelitiannya berjudul: Biotechnology Applications: Phenotypic & Genotypic Characterization of Foodborne Bacteria. “Artikel yang saya presententasikan merupakan salah satu keluaran Program Penelitian Pascadoktor (PPD) dengan pendanaan Kemenristek Dikti yang didukung oleh Indonesia Forestry Institute (IFI)” papar Norma. “Saya mempresentasikan temuan penelitian hasil karakterisasi dan identifikasi bakteri genus Alcaligenes strain JG3 yang berasal dari Purwokerto Jawa Tengah. Penelitian saya berhasil membuktikan strain JG3 merupakan strain baru yang diberi nama Alcaligenes Javaensis strain JG3” papar Norma. “Alcaligenes merupakan bakteri yang terbukti selain mendegradasi lemak juga gliserol yang dihasilkan dari pemecahan lemak sehingga dapat menjadi agen limbah pangan yang efektif” tambahnya.

Dr. Stalis Norma Ethica, M.Si usai bersama pemakalah lain pada seminar Euro-Global Conference on Food Science, Agronomy and Technology

Pada kesempatan pelepasan beberapa hari lalu, Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd menyampaikan apresiasinya terhadap prestasi yang dicapai. “Kami sangat mengapresiasi prestasi yang di raih oleh Bu Norma, dan sekaligus dapat di jadikan contoh bagi dosen yang lain. Terpilihnya dosen Unimus mengikuti international staff mobillity menjadi salah satu wujud menjadi salah satu bentuk upaya mewujudkan salah satu poin dalam visi Unimus, yaitu berwawasan internasional” papar rektor. Melalui berbagai prestasi yang di raih oleh civitas Unimus, Rektor berharap agar nama Unimus semakin berkibar di kancah internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *