Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

FKM Unimus Kampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

1. Ketua FKK Kota Semarang Kris Septiana Hendrar Prihadi yang juga sebagai Istri Walikota Semarang memberikan sambutan dan sosialisasi tentang Germas

Semarang │Unimus (14/10/2018) Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Kegiatan Germas Hidup sehat dilakukan dengan cara antara lain: melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, mengenyahkan asap rokok, tidak mengkonsumsi alkohol, periksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Camat Tembalang, Ketua FKK Kota Semarang, Pimpinan Puskesmas Kedungmundu, Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Unimus berfoto bersama mengampanyekan Germas

Perlu dukungan berbagai elemen masyarakat untuk mensukseskan Germas. Perlunya pengorbanan, dan kinerja yang baik dari perangkat terkait sehingga Germas ini menjadi kegiatan yang penting untuk mewujudkan hidup sehat mulai dari pemerintah, masyarakat juga akademisi. Sukses Germas selain mendapat dukungan penuh dari masyarakat sebagai sasaran program juga penting untuk di dukung oleh Perguruan Tinggi yang mencetak sumber daya manusia untuk sosialisasi.  Tak terkecuali Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammmadiyah Semarang (Unimus) yang telah berpartisipasi aktif dalam mendukung Germas.

Petugas Kesehatan Puskesmas Kedungmundu Semarang menampilkan gerak dan lagu tentang Germas

Upaya tersebut di wujudkan oleh FKM Unimus bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang, Forum Kesehatan Kota (FKK) Semarang gelar Kampanye Germas pada Minggu (14/10/2018). Bertempat di halaman Rektorat Unimus acara dihadiri Oleh Ketua FKK Kota Semarang Krisseptiana Hendrar Prihadi yang juga sebagai Istri Walikota Semarang, Camat Tembalang, Kepala Puskesmas Kedungmundu, Kepala Desa wilayah kesehatan Puskesmas Kedungmundu, perwakilan sekolah sekitar Unimus, Dekan FKM Unimus dan civitas akademika FKM Unimus. Diawali dengan senam bersama oleh masyarakat, kader, staf pemerintah, tenaga kesehatan juga civitas akademika FKM Unimus kegiatan bertujuan mengkampanyekan kebiasaan hidup sehat kepada masyarakat umum, untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, dan menjadi masyarakat Semarang menjadi masyarakat yang selalu sehat dan sejahtera. Selain melaksanakan aktifitas fisik dengan senam juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis oleh mahasiswa FKM Unimus serta sosialisasi tentang bagaimana merubah mindset masyarakat untuk hidup sehat yang di lakukan oleh FKK Kota Semarang.

Dikemukakan oleh Ketua FKK Kota Semarang Tia Hendrar Prihadi bahwa menerapkan hidup sehat di keluarganya masing-masing seperti misalnya makan sayuran dan  buah, olah raga dan lain-lain perlu di sosialisasikan. “Yang paling penting adalah bagaimana mereka secara mandiri / swadaya untuk membangun keluarganya supaya berperilaku hidup dan sehat” tambahnya. Sementara Dekan FKM Unimus Mifbakhudin, SKM, M.Kes menambahkan bahwa pembelajaran tentang kesehatan masyarakat yang di lakukan di kelas mendorong mahasiswa untuk berkontribusi terhadap masyarakat tentang Germas ini. “Kegiatan hari ini selain kampanye Germas juga menampilkan produk karya mahasiswa yang menunjukkan bahwa Unimus dalam hal ini FKM Unimus mempunyai peranan penting program Pemerintah Kota Semarang yaitu Dinas Kesehatan Kota Semarang” tambah Dekan FKM.

 

Reportase UPT Humas dan Protokoler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *