Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Unimus Tambah Lagi Doktor Baru Teknik Mesin

Dr. Samsudi Raharjo, MT, MM bersama promotor, co promotor dan tim penguji usai sidang promosi Doktor

Semarang │Unimus (25/10/2018) Dosen Program Studi S1 Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) yang juga Wakil Rektor bidang kemahasiswaan Unimus Drs. Samsudi Raharjo, MT, MM berhasil meraih gelar Doktor Teknik Mesin pada program Program Studi Doktor Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang. Dipromotori oleh  Prof. Dr.Ir. A.P. Bayuseno, M.Sc dengan Co Promotor Dr. Jamari, ST, MT dan Prof. Ir. Stefanus Muryanto, M.Eng.Sc, Ph.D melalui penelitian disertasi berjudul “Pembetukan dan Pengendalian Kerak Carbon Sulphate Di dalam Pipa Beraliran Luminer: Studi Tentang Pengaruh Aditif Terhadap Kinetika Morfologi dan Mineral Kerak”, Samsudi Raharjo mempertahankan disertasinya di hadapan sembilan penguji pada Kamis (25/10) dengan IPK 3,70.

Dosen berputra empat tersebut  mengungkapkan bahwa pembentukan dan pengendalian pengerakan pada sistem perpipaan di industri menjadi masalah serius karena dapat menyebabkan penyumbatan, berkurangnya aliran pada pipa yang berefek penambahan biaya perawatan dan produksi. Melalui studi eksperimen yang dilakukan, Samsudi Raharjo menyelediki cara yang efektif dan efisien sebelum terjadinya penyumbatan pipa heat exchanger. “Banyak faktor yang mempengaruhi timbulnya kerak CaCO3, CaSO4, CaCO3-CaSO4 dan MgSO4 pada pipa beraliran luminer. Peningkatan suhu dan peningkatan konsentrasi berbanding lurus dengan peningkatan terjadinya kerak pada pipa” papar Samsudi Raharjo. Samsudi membuktikan bahwa penambahan zat aditif asam sitrat, asam tartrat dan ion Cu2+ mampu mengurangi terbentuknya masa kerak pada pipa. Temuan penelitian Dr. Samsudi Raharjo sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari maupun dunia industri.

Dr. Samsudi Raharjo, MT, MM didampingi istri bersama Rektor Unimus Prof.Dr. Masrukhi MPd dan pimpinan Unimus.

Prof. Dr.Ir. A.P. Bayuseno, M.Sc selaku promotor mengungkapkan bahwa budaya menulis menjadi tulang punggung kemajuan Universitas. “Melalui penelitiannya Dr. Samsudi telah melakukan publikasi pada dua jurnal internasional. Budaya meneliti dan menulis yang dilakukan oleh Dr. Samsudi Raharjo semoga dapat tetap di pertahankan. Semoga bisa segera kembali ke Universitas dan menjadi ilmuwan yang baik” pesannya. Sementara itu rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi yang hadir dalam promosi doktor tersebut mengungkapkan bahwa Dr. Samsudi Raharjo diharapkan dapat menambah kekuatan Unimus dari segi sumber daya manusia terutama di Fakultas Teknik. “Gelar doktor yang diperoleh diharapkan dapat mengembangkan profesionalisme sebagai dosen, menambah kekuatan di Fakultas Teknik  Unimus dan meningkatkan kualitas lulusan” ungkap Rektor. Gelar Doktor yang di raih Dr. Samsudi Raharjo melengkapi doktor di Fakultas Teknik menjadi 4 doktor dan doktor di Unimus menjadi 33 doktor.

Reportase UPT Kehumasan & Protokoler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *