Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Peduli Kesehatan, FKG Unimus Kampanyekan Gigi Sehat

Semarang | (18/11/2018) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Semarang ikut berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial dalam rangka Hari Kesehatan Nasional 2018 dan Rapat Kerja Nasional PDGI 2019. Kegiatan dilaksanakan di Jalan Pahlawan Semarang bertepatan acara Car Free Day berlangsung. Menggandeng pula organisasi lain seperti Persatuan Dokter Gigi (PDGI) Semarang, FKG Unissula, FKG Undip, serta BPJS Kesehatan, pihak FKG Unimus mendelegasikan 20 mahasiswa Profesi Kedokteran Giginya. Mengusung tema Senyum Sehat Untuk Semarang Hebat, kegiatan diawali dengan senam bersama, kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan serta pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gigi. Selain itu, ada pula sosialisasi “Game Edukasi Adventure Of Gigi”, “Alarm Gigi”, serta “Kuis Kesehatan Gigi”. Ditambah lagi, tersedia mobil pemeriksaan untuk pengobatan gigi anak-anak secara gratis.

 

Briefing dulu sebelum mulai penyuluhan

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dekan FKG Unimus drg. Budiono, M.Pd. Ada tiga harapan dari drg. Budiono terkait kegiatan kampanye gigi sehat tersebut. Pertama, peningkatan kesehatan gigi dan mulut masyarakat melalui edukasi tentang bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar serta akibat-akibat apa saja yang ditimbulkan apabila kebersihan gigi dan mulut tidak dijaga. Kedua merupakan sarana pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk implementasi dari tri dharma perguruan tinggi, dan ketiga sebagai sarana memperkenalkan FKG Unimus kepada masyarakat. “InsyaAlloh kedepan akan semakin kita tingkatkan kegiatan-kegiatan seperti ini untuk meningkatkan kebermanfaatan FKG Unimus bagi peningkatan kesehatan gigi dan mulut masyarakat, khususnya di kota Semarang, “ ujarnya

 

Tidak hanya masyarakat awam, aparat kepolisian pun ikut menjadi target penyuluhannya

 

Salah satu mahasiswa profesi dokter gigi Unimus, Moh. Danil Ahsan Murdiputra, S.K.G. juga menambahkan bahwa sudah sepatutnya seorang mahasiswa yang baik adalah menjalankan tri darma perguruan tinggi yang salah satu dari darma tersebut adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat. “Keikutsertaan mahasiswa FKG dalam mengkampanyekan gigi sehat merupakan wujud nyata dari nilai pengabdian masyarakat khususnya dalam bidang kedokteran gigi. Karena kampanye bersifat promotif, sehingga tindakan tersebut bersifat mencegah dan mengedukasi betapa pentingnya kesehatan gigi dan mulut sebagai indikator kualitas hidup tiap-tiap individu. Upaya promotif yang berhasil akan membuahkan prevalensi penyakit yang rendah, sehingga peran mahasiswa sangat penting dalam kampanye tentang kesehatan gigi,“ jelasnya.

 

Salah satu mahasiswa profesi dokter gigi Unimus sedang melakukan penyuluhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *