Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

FT Unimus Gelar Kuliah Pakar “Implementasi Fluid Dynamic”

Semarang | Perkembangan ilmu dan teknologi sangat cepat. Hal tersebut juga dirasakan di bidang teknik mesin yang banyak mengusung inovasi dan materi terbarukan memenuhi tuntutan zaman. “Misalnya kehadiran teknologi fluida dinamik yang banyak membantu pekerjaan berat manusia. Metode ini pada dasarnya memanfaatkan daya tekan zat cair dan gas, “ tutur pakar Teknik Mesin Undip, M. Said Kartono Tony Suryo Utomo PhD, baru-baru ini. Dia membicarakan masalah ini dalam kuliah pakar di Fakultas Teknik Unimus. Hadir Dekan FT Unimus Dr.RM Bagus IrawanIPM dan Kaprogdi Teknik Mesin Dr. Purnomo.

 

pakar Teknik Mesin Undip, M. Said Kartono Tony Suryo Utomo PhD terima souvenir dari Dekan FT Unimus Bagus Irawan

 

Menurutnya pemahaman atas teknologi fluida butuh disebarluaskan. Sebab banyak aplikasi memakai konsep oini untuk membantu kesulitan orang. Contoh sederhana yakni pompa atau dongkrak hidaraulik serta mesin berat berteknologi mutakhir yang dimanfaatkan industri besar. Metode tersebut ikut diterapkan untuk teknologi pengereman kendaraan berbasis piringan atau cakram. Pengereman yang sangat kuat menjadikan motor atau mobil kian aman meski sedang dalam posisi melaju kencang.

 

 

Dekan FT Unimus Bagus Irawan saat memberikan sambutan

Teknologi Fluida juga memberikan sumbangan besar untuk kebutuhan gaya angkat pesawat hingga bisa terbang. Konsep ini memenuhi unsur Hukum Bernoulli yang berlandaskan kekekalan energi melalui aliran Fluida, “jelasnya. Bagus menambahkan mahasiswa wajib dibekali pemahaman ilmu dan pengetahuan sebanyk-banyaknya. Kehadiran pakar dari Undip ini setidaknya memberikan pencerahan terhadap civitas academika di kampus itu. “Untuk memberikan motivasi. Bagaimana mereka mengangkap peluang dengan telah disampaikannya banyak informasi mengenai teknologi modern ini, “ tutur alumnus doctor ilmu lingkungan Undip itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *