Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Tingkatkan Kesehatan Masyarakat FKM Unimus Praktekkan Mahasiswa Di Komunitas

Dekan FKM Unimus menyerahkan 105 mahasiswa untuk PBL di kecamatan Mijen

Semarang│(03/12/2018) Program Indonesia Sehat merupakan salah satu program dari agenda ke-5 Nawa Cita, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia. Sasaran dari Program Indonesia Sehat adalah meningkatnya derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan. Untuk mendukung upaya pemerintah Fakultas Kesehatan Masyarakat  (FKM) universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menerjunkan mahasiswa untuk praktek lapangan di Kecamatan Mijen sebagai upaya untuk menangani permasalahan kesehatan di masyarakat.

Kegiatan diawali dengan serah terima 105 mahasiswa semester VII FKM Unimus untuk melaksanakan kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PBL) mahasiswa di kecamatan Mijen Semarang. PBL dilaksanakan selama satu bulan yang terbagi di dua kelurahan yaitu Kelurahan Mijen dan Cangkiran. Serah terima dilakukan oleh Dekan  FKM Unimus Mifbakhuddin, S.K.M, M.Kes kepada Camat Mijen yang diwakili oleh Sekretaris Camat Mijen (Bp. Basuki Suprapto). Hadir juga pada kegiatan serah terima tersebut Kepala Laboratorium Puskesmas Mijen, Kepala Kelurahan Mijen dan Cangkiran, ketua program studi S1 Kesehatan Masyarakat Dr. Sayono, S.KM, M.Kes(Epid) dan segenap sivitas akademika FKM Unimus.

Dekan FKM Unimus bersama tokoh masyarakat Kecamatan Mijen dan Kepala Laboratorium Puskesmas Mijen

Dikemukakan oleh Dekan FKM Unimus bahwa tujuan diadakannya PBL untuk memberi pengetahuan, pembelajaran dan memperkenalkan mahasiswa untuk terjun langsung ke komunitas dan menangani masalah kesehatan yang ada di masyarakat. “Mahasiwa akan diperkenalkan hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat, mulai dari kebiasaan-kebiasan menjaga kesehatan dan berbagai kegiatan masyarakat yang nantinya menjadi dasar penentuan program yang harus di kerjakan oleh mahasiswa. Nantinya mahasiswa akan memaparkan hasil temuan masalah kesehatan dan program penanganan yang telah dilakukan di akhir kegiatan PBL” papar Dekan FKM.

Mahasiswa semester VII S1 Kesehatan Masyarakat peserta PBL

Sementara itu Pimpinan Kecamatan Mijen yang diwakili oleh sekretaris kecamatan Mijen berpesan kepada peserta PBL  untuk melaksanakan praktek dengan sepenuh hati. “Mahasiswa dapat mempraktikkan ilmu yang telah didapat dalam hal yang berkaitan dengan kesehatan yang ada di masyarakat dan membantu memberikan solusi terhadap masalah kesehatan yang ada di masyarakat. Agar semua berjalan dengan baik mahasiswa perlu memahami dengan baik karakteristik masyarakat dan kondisi biografis yang ada di kelurahan Mijen dan Cangkiran” tambah sekretaris camat Mijen.

Reportase UPT Humas dan Protokoler Unimus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *