Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Sasar Partisipasi Mahasiswa, Relasi KPU Kota Semarang Sosialisasi Pemilu 2019 di Unimus

Semarang | Memasuki tahun politik 2019, masyarakat akan disuguhkan satu momentum besar yaitu Pemilihan Umum Legislatif (DPR RI, DPD RI dan DPRD) serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Berbagai calon sedang gencar mempersiapkan diri juga pemilih yang akan turut andil dalam pesta demokrasi tersebut. Tak terkecuali mahasiswa, sebagai generasi penerus bangsa, mahasiswa juga perlu berperan aktif dalam momentum ini untuk perubahan bangsa yang lebih baik. Mahasiswa sebagai kelompok muda adalah penyumbang suara cukup banyak dalam Pemilu 17 April 2019 mendatang. Dalam rangka meningkatkan partisipasi dalam pesta demokrasi tersebut, Relawan Demokrasi (Relasi) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang melakukan sosialisasi Pemilu 2019 kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Kamis (07/02/2019).

 

 

Bertempat di Gedung Labkes Lt.4 Unimus, puluhan mahasiswa dari berbagai organisasi dan program studi antusias dalam sosialisasi tersebut. Hadir untuk memberikan sambutan, Dr. Samsudi Rahardjo, MM. , MT., (Wakil Rektor 3 Unimus). Pihaknya menyampaikan bahwa mahasiswa sebagai kelompok intelektual sangat dibutuhkan partisipasinya dalam Pemilu untuk membangun kualitas demokrasi. “Mahasiswa sebagai kelompok masyarakat terdidik tentu memiliki pemikiran serta kepekaan sosial yang tinggi sehingga partisipasi dalam politik menjadi penting untuk membangun kualitas demokrasi di negara ini,“ ungkapnya. Ia menghimbau agar mahasiswa Unimus tidak golput dalam Pemilu 2019 nanti. “Untuk mahasiswa luar kota, segera mengurus berkas keterangan pindah Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau berkas A5 agar tetap bisa menyalurkan aspirasinya.

 

 

Muhammad Hasmi, salah satu anggota Relasi KPU menuturkan bahwa KPU RI menargetkan 77,5 persen partisipasi pada Pemilu 2019.  “Kampus dipilih, karena kami berharap mahasiswa mampu menjadi agen yang meneruskan informasi sosialisasi tentang Pemilu,” paparnya. Ia menambahkan KPU memang sengaja menyasar sosialisasi kepada pemilih pemula. Sebab dari jumlah, pemilih pemula di daftar pemilih tetap (DPT) cukup signifikan. Dalam acara tersebut, Relasi KPU mensosialisasikan Pemilu 2019 mulai dari cara melipat jenis surat, mengenal surat suara, hingga jenis kotak suara.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *