Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Seminar & Workshop Penguatan Eksistensi Serta Profesionalisme Ahli Kesehatan Masyarakat

Semarang | Perkembangan situasi ketenagaan kesehatan di Indonesia saat ini mengharuskan bahwa setiap tenaga kesehatan wajib melakukan registrasi ke Komite Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR). Perpanjangan STR menuntut standar kinerja tertentu, sehingga perlu dilakuan penyegaran pengetahuan dan ketrampilan tentang tata kelola STR online dan pemenuhan SKP untuk ahli kesehatan masyarakat. Untuk menyikapi hal tersebut, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) bekerja sama dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Jawa Tengah dan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Gombong mengadakan acara Seminar Nasional dan Workshop “Penguatan Eksistensi dan Profesionalisme Ahli Kesehatan Masyarakat”, Sabtu (16/02/2019).

 

 

Bertempat di Aula Gedung FK Unimus, acara tersebut dihadiri oleh ratusan partisipan baik dari kalangan mahasiswa maupun alumni FKM Unimus serta anggota pengcab dan pengda IAKMI. Hadir untuk memberikan sambutan, Dekan FKM Unimus Mifbakhuddin, S.K.M, M.Kes. Pihaknya menyampaikan bahwa acara kerja sama yang melibatkan FKM Unimus tersebut dapat menjadi kegiatan kolaborasi positif yang terus berkelanjutan untuk kedepannya. “Kolaborasi ini sangat bagus sehingga saya harap untuk kedepannya, kegiatan kerja sama ini dapat ditingkatkan lagi. Selain itu, program-program kesehatan masyarakat khususnya di Jawa Tengah agar dapat berkembang dengan baik, “ ungkapnya.

 

 

Adapun pembicara dalam acara Seminar Kesehatan Nasional tersebut adalah Ns. Yudi Mulyana, S.Kep dengan topik “STR online versi 2.0, Hakikat, Prosedur dan Kemanfaatannya”, sedangkan Dr. Ridwan Mochtar Thaha, M.Sc menjadi pembicara Workshop “Tata Kelola Re-Registrasi STR Ahli Kesehatan Masyarakat”. Untuk sesi panel, terdapat 3 narasumber utama yakni Dr. Sutopo Patriajati, MM.M.Kes (Balai Kesehatan Masyarakat : Konsep dan Implementasinya di Provinsi Jawa Tengah) ; Endang Sri Sutini, SKM, M.Kes (Lesson Learned : Pembuatan SIK Ahli Kesehatan Masyarakat) ; serta Dr. Sayono, SKM, M.Kes (Epid) (Strategi Pemenuhan SKP Penelitian Tenaga Kesehatan Masyarakat). Acara diawali dengan prosesi pengukuhan Pengda IAKMI Provinsi Jawa Tengah dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama antara Bapelkes Provinsi Jawa Tengah dengan IAKMI Jawa Tengah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *