Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Tingkatkan Karakter Mahasiswa, Unimus Selenggarakan Seminar Dosen Wali

Semarang | (26/02/2019) Salah satu unsur penting dalam pendidikan karakter mahasiswa di perguruan tinggi adalah dosen. Dalam melaksanakan tugas utama Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen melakukan proses internalisasi nilai-nilai luhur yang kemudian menjadi budaya kampus. Dosen tidak hanya sebagai transfer of knowledge saja, namun juga sebagai transfer of values. Bertolak dari latar belakang tersebut, Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar Seminar Sehari “Peran Dosen Wali Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa”. Bertempat di Aula RSGM, acara tersebut menghadirkan tiga pembicara, Prof. Dr. M. Noor Rochman Hadjam SU (Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah), Dr. Sri Darmawati, M.Si. (Wakil Rektor I Unimus), dan Dr. Edy Soesanto, S.Kp, M.Kes (Ketua LP3M Unimus) serta dimoderatori oleh Dr. M. Fatkhul Mubin, M.Kp Sp.Jiwa.

 

 

Prof. Dr. Noor Rohman Hadjam, SU mengungkapkan bahwa dosen wali menjadi uswatun hasanah dan role model bagi mahasiswa. Dosen sebagai pendidik harus ada transfer of value, transfer of attitude & transfer of experience untuk dapat membentuk insan yang hebat. “Perkembangan karakter dipengaruhi oleh wawasan, pengalaman, stimulasi, lingkungan maupun pendidikan, sehingga dosen wali mempunyai peran yang besar dalam perkembangan karakter mahasiswa. Dosen harus memiliki pengetahuan yang luas” tambah guru besar fakultas psikologi UGM tersebut. “Pendidikan karakter sangat penting karena karakter akan menentukan nasib anak bangsa, sedangkan karakter baik bisa dipengaruhi oleh perbuatan, perkataan dan pikiran yang baik. Karena itu dosen wali perlu menjadi contoh yang baik dalam berpikir, berkata dan berperilaku” tandasnya.

 

 

Wakil Rektor I menjelaskan saat ini Unimus memiliki 218 dosen, dan forum ini diharapkan bisa menghantarkan dosen utk membentuk karakter mahasiswa. “Dosen wali adalah sebagai bapak dan ibu mahasiswa di kampus yang diharapkan memberikan pembangunan karakter bagi anak didik menjadi generasi penerus bangsa” terang Dr. Sri Darmawati, M.Si. “Dosen wali diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa agar memiliki karakter yang baik dalam etika, komitmen, kejujuran, disiplin juga kemampuan menghargai yang memiliki peran besar dalam membangun bangsa” tambahnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *