Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Simposium Kebidanan dan Launching Prodi Profesi Kebidanan

Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd memberikan sambutan dan membuka acara

Semarang | Unimus (06/04/2019). Sebagai negara yang terletak di daerah rawan bencana, Indonesia kerap disebut sebagai “Laboratorium Bencana”. Istilah ini muncul karena kondisi geografis, geologis, serta demografis Indonesia yang relatif mendorong lahirnya berbagai jenis bencana alam. Tingginya Indeks Risiko Bencana Indonesia mendorong pemerintah untuk perhatian ekstra terhadap upaya penanggulangan bencana. Bertolak dari hal tersebut Himpunan Mahasiswa D3 Kebidanan Periode 2018/2019 menggelar acara Symposium Kebidanan dan Launching Program Studi S1 Profesi Kebidanan, pada Sabtu (06/04/2019).

Acara yang bertemakan “Bidan Siaga Bencana : Penanganan Kegawatdaruratan Kebidanan Pada Situasi Bencana”, diikuti oleh ratusan peserta baik dari alumni dan mahasiswa Kebidanan Unimus maupun dari tenaga kesehatan lainnya. Digelar di Aula Gedung FK Unimus, menghadirkan dr. Tatik Murhayati, M.Kes (Tenaga Kesehatan Dalam Penanggulangan Bencana di Indonesia), Purwito, S.Pd (Wawasan Kebencanaan Evakuasi dan Pertolongan Pertama Pada Kegawatdaruratan Ibu dan Bayi Dalam Situasi Bencana), Sri Handayani, S.SiT, M.Kes (Manajemen Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal Pada Kondisi Bencana Dalam Kurikulum Kebidanan), serta Dr. Rujani, M.Mid (Peran Bidan Dalam Kebencanaan) sebagai pembicaranya.

Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd menyerahkan SK ijin operasional program studi S1 Profesi Kebidanan kepada ketua program studi

Hadir untuk memberikan sambutan Rektor Unimus, Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd. pihaknya mengapresiasi dan menyampaikan bahwa tema yang diusung dalam kegiatan kebidanan tersebut sangat kontekstual. “Mengingat kondisi Indonesia khususnya Jawa Tengah merupakan daerah yang memiliki potensi bencana alam yang tinggi, sehingga memerlukan SDM seperti bidan untuk penanganan kegawatdaruratan. Saya harap ilmu dan informasi yang dipaparkan oleh pembicara dapat diserap dengan baik dan bermanfaat untuk kedepannya, “ tandasnya.

Reportase UPT Humas dan Protokoler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *