Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Tahun 2019, Dana Hibah Penelitian dan Pengabmas Dosen Unimus Tembus 5,81 Milyar

Wakil Rektor I Unimus Dr. Sri Darmawati, M.Si membuka acara klinik artikel ilmiah dan menyempaikan capaian hibah dosen Unimus.

Semarang │Unimus (23/04/2018) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) terus memacu para dosennya meraih dana-dana hibah penelitian dan pengabdian masyarakat. Capaian prestasi dalam peraihan dana penelitian dan pengabdian masyarakat (pengabmas) oleh dosen Unimus tahun 2019 cukup menggembirakan. Pada tahun 2019 perolehan dana hibah penelitian dan pengabdian masyarakat dosenUunimus tembus diatas 5 Milyar. Demikian dikemukakan oleh Wakil Rektor I Unimus Dr. Sri Darmawati, M.Si  dalam kegiatan workshop “Penulisan dan Klinik Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional” yang dilaksankan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus)  di gedung Fakultas Kedokteran Unimus pada Selasa (23/04/2019). Pada kegiatan yang dihadiri 40 dosen yang mendapat hibah penelitian dari Kemenristekdikti Dr. Sri Darmwati mengungkapkan tahun ini Unimus mendapat hibah penelitian untuk dosen dari Kemenristekdikti sebesar 5,5 Milyar dari 26 proposal penelitian. “Dari capaian jumlah proposal yang didanai memang mengalami penurunan, namun dari capaian dana yang dapat diakses jauh mengalami peningkatan” paparnya.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Dr. Dini Cahyandari, MT menambahkan pada tahun 2018 Unimus memperoleh total dana Rp 4,21 Miliar dari Kemenristekdikti, sedangkan pada tahun 2019 Unimus memperoleh dana sebesar Rp 5,81 Milyar terdiri dari 5,25 milyar dari 25 proposal penelitian, 267 juta diperoleh dari 6 proposal pengabdian masyarakat dan 300 juta diperoleh dari satu proposal Insinas “Capaian penerimaan hibah penelitian dan pengabmas tahun 2019 meningkat 38,33% dari tahun 2017. Jumlah  tersebut belum termasuk dana penelitian dan pengabmas dari pemerintah daerah, non government organisation dan sumber lainnya” ungkap Dr. Dini. “Unimus sebagai Universitas Cluster Madya dalam perolehan hibah Kemenristekdikti terus berupaya meningkatakan perolehan hibah melalui berbagai upaya antara lain melalui workshop penyusunan proposal penelitian dan pengabmas dengan menggandeng reviewer nasional.” tambahnya.

Prof. Asnawi, Ph.D menyampaikan materi kiat menulis artikel di jurnal internasional pada dosen Unimus penerima hibah Kemenristekdikti tahun 2019

“Capaian peningkatan dana hibah dosen menjadi satu diantara beberapa indikator semakin berkembangnya atmosfir akademik di Unimus” terang Wakil Rektor I Unimus. “Kegiatan peningkatan mutu juga senantiasa ditingkatkan tidak hanya meningkatkan capaian dana dan jumlah proposal namun juga mendongkrak capaian publikasi artikel pada jurnal internasiona bereputasi dapat semakin ditingkatkan. Seperti yang dilakukan hari ini dengan mendatangkan reviewer jurnal internasional dari Unmuha (Universitas Muhammadiyah Aceh) Prof. Asnawi, PhD” ungkap Dr. Sri Darmawati.

Reportase UPT Humas dan Protokoler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *