Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Kuatkan Komitmen Capai Performa Unggul Unimus Gelar Rakerta

Rektor Unimus Prof. Masrukhi memaparkan arah dan kebijakan di tahun 2018-2019

Semarang │(30/08/2019) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) kembali menyelenggarakan kegiatan Rapat Kerja Tahunan (Rakerta) diikuti oleh jajaran pimpinan meliputi Rektor, Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Dekan, Kepala Unit dan KaProdi di lingkungan Unimus. Berlangsung selama dua hari 29-30 Agustus 2019 Rakerta Unimus digelar di Bandungan. Agenda rakerta meliputi: 1). Penguatan Komitmen; 2) Paparan dan diskusi arah kebijakan rektor; 3) Paparan dan diskusi pengembangan Bidang I-III, 4) Paparan dan diskusi pengembangan lembaga dan fakultas di lingkungan Unimus. Mengambil tema “Penguatan Komitmen Pimpinan dalam Penyusunan Strategi Pengembangan Kapasitas Institusi Menuju Pencapaian Budaya Performa Unggul” Rakerta dibuka Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi., M.Pd.  Rektor Unimus menyampaikan, “Sinergi kerja iklhas segenap civitas akademika Universitas Muhammadiyah Semarang, beberapa hal sudah dicapai dengan baik.Capaian yang diraih Unimus,  dengan izin Allah patut kita syukuri bersama, hal ini menunjukkan kinerja yang yang baik dan sinergis dari para pimpinan dan seluruh civitas”.

Paparan Wakil Rektor I-III pada Rakerta Unimus 2019

Kegiatan hari pertama di awali dengan pemberian materi tentang penguatan komitmen pimpinan dan civitas akademika oleh ketua Badan Pembina Harian (BPH). Ketua BPH (Drs. Wahyudi, M.Pd) menyampaikan bahwa berkerja dalam konsep ajaran agama Islam merupakan ibadah. Setiap pribadi yang bekerja di Unimus hendaknya meniatkan setiap kegiatannya untuk beribadah demi memajukan Unimus. Dibutuhkan komitmen dan dedikasi yang menggabungkan pekerjaan dan kehidupan untuk membangun dan mengembangkan Unimus. “Komitmen adalah perilaku terpenting dari semua perilaku, merupakan inti integritas dan kunci kepercayaan. Komitmen bekerja karena ridho Allah artinya selalu menghadirkan Allah dalam setiap aktivitas” papar Ketua BPH. “Memenuhi komitmen adalah perilaku yang cepat menumbuhkan harapan dan kepercayaan pada semua relasi, semua civitas Unimus harus memahami bahwa hidup kita bukan main-main namun menjalankan mandat / amanah Allah tambah Ketua BPH.

Rektor menyampaikan bahwa program unggulan prioritas tahun 2019-2023 meliputi tahun pertama tahun kreasi / kreatifita agar seluruh kreatifitas atau potensi civitas akademika Unimus bisa berkembang secara maksimal sebaik-baiknya, tahun ke-2 sebagai tahun prestasi, tahun ke-3 sebagai tahun inovasi dan tahun ke-4 sebagai tahun reputasi. “Ada beberapa target capaian untuk tahun 2018-2019 adalah (1) Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Unggul atau “A”, (2) Pembangunan Rumah Sakit Unimus, (3) Pembangunan gerbang Unimus, (4) Pembangunan gedung FT/FMIPA, (5) Penyelesaian laboratorium hewan coba, (5) Pembelajaran jarak jauh dan blanded learning dengan e-learning dan video conference, (6) Pembangunan Unimus Mart, (7) Program Umroh karyawan, (8) Rintisan dana pensiun, (9) Capaian artikel interansional terindeks minimal 90 artikel, (10) Jurnal terindeks Sinta 1 dan 2 minimal 25%, (11) Target capaian Haki dan buku referensi minimal 25%, dan (12) Mahasiswa baru tahun 2020 mencapai 3000” papar Rektor. Rektor juga meyampaikan bahwa cakupan pengelolaan Unimus saling mengait berupa AIK, Sarana prasarana, pengembangan SDM, kesejahteraan, akademik,kemahasiswaan, keuangan dan kerjasama untuk mewujudkan good university governance. Tujuan dari keseluruhan pengembangan Unimus kedepan yaitu untuk menjalankan salah satu tujuan Muhammadiyah, amar ma’ruf nahi mungkar dan mencapai visi Unimus untuk menjadi Universitas yang unggul, berkarakter, berbasis teknologi dan berwawasan internasional.

 

Reportase UPT Kehumasan & Protokoler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *