Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Gelar Workshop Penyusunan PKM FMIPA Unimus Kebangkan Passion Mahasiswa

Semarang, 20 September 2019 Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang (FMIPA Unimus) adakan kegiatan Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Gedung RSGM Unimus lantai 3. Dihadiri oleh Dekan FMIPA (Dr. Eny Winaryati, M.Pd), Kaprodi, Dosen dan Sivitas akademika serat seluruh mahasiswa FMIPA dari Semester satu sampai Tujuh. Dengan mengambil tema “Ambil Passionmu, Mari Menuju PIMNAS 2020” dinarasumberi oleh Ngadiwiyana, M.Si seorang Pendamping Kegiatan Kemahasiswaan Departemen Kimia FSM UNDIP, Reviewer PKM Nasional dan juri PIMNAS. Diadakannya Worshop PKM tgersebut bertujuan untuk mengajarkan kepada mahasiswa bahwa untuk mau dan bisa mengembangkan Hobi atau kemampuan diluar dari materi yang mereka terima semasa di perkuliahan.

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju, mau tidak mau mahasiswa dituntut harus mampu menghadapi hal tersebut dengan segala kemampuan yang dimiliki baik Hard Skill maupun Soft Skill. Maka dari itu melalui kegitaan Workshop PKM tersebut mahassiwa diajarkan bahwa menjadi seorang pelajar atau mahasiswa bukan hanya untuk mengejar nilai Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK saja, tetapi juga harus bisa mengembangkan kemampuan lain diluar akademik atau Soft Skill. Untuk bisa berkembang bukan hanya di butuhkan IJazah dan nilai IPK yang tinggi akan tetapi juga nilai lebih yang bisa menunjang akan keberhasilan mahasiswa di dunia kerja, seperti kemampuan berkomunikasi yang baik, kemampuan dalam memimpin atau leader, dan kerja sama team, melalui PKM mahasiswa juga akan diajarkan bagaimana menemukan sebuah masalah, gagasan atau ide yang harus mereka pecahkan atau selesaikan baik itu dalam bidang penelitian, pengabdian masyarakat atau dalam bidang kewirausahaan.

Tujuan dari penyusunan diadakannya  PKM adalah mahasiswa akan diajarkan bagaimana cara mengupas sebuah ide atau gagasan yang dianggap hal biasa menjadi suatu hal yang luar biasa dan juga cara mengkomunikasikan ide dengan baik didepan orang lain, yang kemudian akan dituangkan dalam sebuah tulisan yang berbentuk Proposal pengajuan kegiatan yang akan didanai oleh pemerintah. Akan tetapi sebelum menyusun proposal PKM Mahasiswa harus memahami beberapa kiat antaranya dalam penyusunan propopas harus menaati panduan atau pedoman yang terbaru dan tidak boleh menyimpang sedikitpun, kemudian pemilihan ide kreativitas yang sesuai dengan keahlian atau passion untuk di kembangkan dan dikerjakan atau diteliti, dan juga bimbingan dengan dosen menjadi hal yang mutlak sebagai cara dalam pendalaman ide dan filosofi sehingga akan menjadi tuntunan dalam menyusun proposal yang baik, sehingga akan menunjang nilai yang bisa mengantarkan proposal PKM yang akan disusun lolos pada langkah selanjutnya atau lolos PIMNAS.

Dalam penyusunan proposal juga dibutuhkan sebuah ide yang kreatif, yang bisa muncul kapanpun dan dimanapun. Ide kreatif muncul bukan dipengaruhi dari kepintaran tapi dipengaruhi oleh kecukupan informasi dari sebuah gagasan. Mencari ide dalam sebuah permasalahan adalah jarak antara sesuatu yang dijalankan dengan kondisi faktual yang ada di lapangan, sehingga bisa digunakan sebagai latar belakang yang sesuai dengan Urgensifitas atau hal penting yang akan dibahsas dalam penyusunan proposal. Juga keadaan faktual bisa digunakan sebagai solusi dalam menentukan metode pelaksanaan. Dekan menambahkan dalam sambutannya, tujuan lain dari diadakannya worshop Program Kreatifitas Mahasiswa atau PKM juga sebagai cara  mencari sebuah ide permaslahaan yang bisa didapat dari seringnya membaca, mendengar, dan berdiskusi sehingga akan semakin banyak menambahkan referensi untuk mengeksplore sebuah permasalahan dalam menentukan ide yang akan diangkat. Dekan juga berpesan kepada mahasiswa agar dalam kegiatan yang bagus tersebut dapat memanfaatkan dengan baik, mengembangkan hobi dan passion sehingga akan memberikan semangat dalam menjalankan ide dan gagasan, karena setiap manusia pasti memiliki keahlian yang bisa didapatkan dari sebuah hobi dan passion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *