Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Unimus Gelar Workshop “Strategi Publikasi Menembus Jurnal Internasional Bereputasi”

Semarang | (16/10/2019) Dalam perihal penelitian, seorang dosen dituntut untuk memiliki kemampuan dalam penulisan jurnal internasional. Hal ini untuk mendukung penilaian kualitas perguruan tinggi yang salah satu ukurannya adalah jumlah publikasi di jurnal internasional. Sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah publikasi internasional tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar workshop “Strategi Publikasi Menembus Jurnal Internasional Bereputasi”. Bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Unimus, kegiatan diikuti oleh puluhan dosen dari berbagai program studi di lingkungan Unimus.

 

 

Menghadirkan Prof. Dr. Wasino, M.Hum (dosen Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (Unnes) sebagai pembicaranya, acara dibuka oleh Dr. Dini Cahyandari, MT (Ka. LPPM) dan dimoderatori oleh Nasruddin, Ph.D (dosen Analis Kesehatan Unimus). Ka. LPPM menyampaikan tujuan workshop tersebut untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah di jurnal-jurnal internasional yang terindeks lembaga-lembaga pengindeks bereputasi seperti Scopus serta ber-impact factor tinggi dan tentunya juga untuk persiapan akreditasi perguruan tinggi.

 

 

Hadir untuk memberikan sambutan, Dr. Sri Darmawati, M.Si selaku Wakil Rektor I Unimus. Dr. Sri Darmawati, M.Si menyatakan bahwa acara tersebut sebagai langkah strategis yang muaranya pada akreditasi perguruan tinggi.  “Kegiatan ini baru strateginya, tentu ada tindak lanjut kedepannya. Dengan adanya publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi, selain untuk persiapan akreditasi perguruan tinggi (Unimus), hal ini merupakan kontribusi dari dosen untuk bangsa juga, “ paparnya. Lebih lanjut, Wakil Rektor I Unimus juga menambahkan bahwa publikasi ilmiah di jurnal-jurnal internasional yang terindeks lembaga-lembaga pengindeks bereputasi Indonesia sudah mengungguli negara Malaysia dari segi kuantitas. Kedepannya, publikasi ilmiah di jurnal internasional Indonesia juga akan meningkatkan dari segi kualitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *