Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Unimus Tuan Rumah Olympic Ahmad Dahlan VI

Rektor Unimus didampingi Ketua Dikdasmen PP Muhammadiyah melakukan soft launcing OlympicAD

Semarang I (26/10/2019) Ada yang tidak biasa dengan suasana di Unimus pada Sabtu (26/10), ribuan orang dan ratusan mobil memasuki kampus Universitas Muhammadiyah Semarang. Ribuan orang tersebut mengikuti Olympiade Achmad Dahlan (OlympicAD) Nasional VI yang di selenggarakan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) yang dilaksanakan 26-28 Oktober 2019 di Semarang. Kegiatan  yang dilaksanakan oleh Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Jateng ini dipusatkan di kampus Unimus Kedungmundu.

Sabtu (27/10) ribuan pelajar dan guru pendamping melakukan registrasi di Gedung Serba Guna (GSG). Di halaman GSG, rektorat dan laboratorium terpadu Unimus juga berjajar tenda untuk bazar dan ezpo. Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd didampingi Ketua majelis Dikdasmen PWM Jawa Tengah Dr. Iwan Junedi dan berkesempatan melakukan soft launching OlympicAD dan membuka kegiatan expo pendidikan dan bazar yang diikuti puluhan sekolah dan rekanan Muhammadiyah.

Ketua Panitia OlympicAD Nasional VI  Rohmat Suprapto, SAg, MSi didampingi Ketua Panitia Lokal Unimus Mifbakhuddin, SKM, MKes (Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unimus) dan anggota Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Dra. Delmenita menyatakan ajang 21 macam lomba ini diikuti 9.700 peserta terdiri 7.300 pelajar/siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan 1.445 guru pendamping dari 35 propinsi se-Indonesia. Mata lomba di antaranya kompetensi IPA, Biologi, Kimia, bahas Arab, bahasa Inggris, MTQ, tapak suci, kesenian dan lain-lain.

“Selain lomba ada 3 kegiatan pendukung yaitu seminar internasional dengan pembicara Dr. Liliana Purvin (Universitas Groningen Belanda), Dr. Agus (Dikdasmen PP Muhammadiyah) dan pembicara lain dari International Islamic University Malaysia. Juga kegiatan Silaturahmi Nasional Dikdasmen PW Muhammadiyah se Indonesia serta bazar dan ekspo hasil hasil sekolah Muhammadiyah se Jateng. Pembukaan OlympicAd dilaksanakan Sabtu malam (26/10/2019) di Simpang Lima Semarang bersamaan dengan kegiatan Jateng Bermunajat dan Gebyar Muktamar yang dibuka Gubernur Jateng dengan peserta pembukaan sekitar 50.000 peserta dari 35 Pimpinan Daerah Muhammadiyah se-Jateng dan diisi tausiah Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. KH Haidar Nasir” ujar Rochmat Suprapto yang juga dosen dan Ketua Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK) Unimus ini.

“Ada 21 mata lomba dan tiap lomba ada 3 kategori yaitu kategori SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA sehingga cukup banyak lomba yang mewakili sekitar 5.360 sekolah di lingkungan Muhammadiyah se Indonesia dari 35 propinsi termasuk perwakilan dari Sorong Papua. Olympicad sebagai ajang silaturahmi, kompetisi, motivasi peningkatan mutu sekolah dan ajang belajar dari sekolah yang sudah maju sebagai percepatan peningkatan mutu” tandas Delmenita.

Rektor menyampaikan Unimus telah mempersiapkan sedemikaian rupa agar kegiatan OlympicAD berjalan dengan lancar. Prof. Masrukhi berharap seluruh peserta dapat terlayani dengan baiki, kegiatan berjalan lancar dan syiar Islam dan Muhammadiyah dapat semakin meningkat.

Reportase UPT Kehumasan dan Keprotokoleran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *