• Post author:
  • Post category:Berita

UNIMUS|SEMARANG|Minggu (5/12/19 April 2015), BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mengadakan LKMM-TD (Latihan Dasar Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa-Tingkat Dasar) yang diikuti oleh mahasiswa FKM UNIMUS semester 2 dan semester 4. Tema dari LKMM-TD FKM UNIMUS adalah “Sinergi Kepemimpinan Mahasiswa yang Kritis, Berwawasan Global dan Berbudaya Lokal serta Berakhlak Mulia”. Tujuan dari kegiatan LKMM-TD ini adalah untuk melatih mahasiswa agar dapat mengatur segala kebutuhan.

1
Kegiatan berlangsung selama tiga hari Minggu berturut-turut, berlangsung sejak tanggal 5, 12, dan 19 April 2015. Terdapat 6 materi yang disampaikan dalam LKMM-TD dengan pembagian dua materi tiap pertemuan. Materi yang pertama mengenai “Analisis Pemecahan Masalah dengan Metode SWOT”, diharapkan mahasiswa dapat memecahkan masalah di dalam organisasi menggunakan analisis SWOT karena mereka akan mengetahui apa kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang ada di dalam organisasi. Materi yang kedua “Manajemen Organisasi”, agar mahasiswa dapat mengetahui bagaimana cara berorganisasi dengan mengetahui latar belakang, visi dan misi, sejarah,serta manfaat dalam berorganisasi. Tindak lanjut berupa action yang diharapkan dari mahasiswa yaitu mereka dapat mensimulasikan dirinya berada dalam sebuah organisasi dengan memiliki jabatan masing-masing serta memiliki program kerja yang jelas. Materi yang ketiga “Manajemen Administrasi/Manajemen Kesekretariatan”, materi ini sangat penting dalam organisasi karena terkait dengan pembuatan proposal, laporan pertanggungjawaban, dan surat undangan. Mahasiswa akan mengetahui bagaimana format penulisan proposal, laporan pertanggungjawaban, dan surat undangan . Materi yang keempat yaitu “Manajemen Even dan Konflik” agar mahasiswa dapat memposisikan diri dalam sebuah organisasi dan berperan sebagai pemimpin. Materi yang kelima yaitu “Motivasi Organisasi” bertujuan agar mahasiswa tetap unggul baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Materi yang terakhir yaitu “Manajemen Kepemimpinan” yang berisi berbagai macam jenis pemimpin dalam sebuah organisasi.

3

Dari semua materi yang disampaikan tujuan akhir yang diharapkan adalah mahasiswa calon pemimpin baru FKM Unimus dapat menyerap ilmu serta mempraktekkan bagaimana berorganisasi yang baik namun tidak meninggalkan kewajibannya sebagai mahasiswa untuk tetap unggul baik dalam bidang akademik maupun non akademik (ukom-kom&humas-jipc).

2

Loading