Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Tingkatkan Kualitas Karya Literasi, FT Unimus Gelar Workshop PKM

Semarang | Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan program Kementrian Ristekdikti yang dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi. Mahasiswa diberikan peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap dan tanggung jawab dalam mengembangkan kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni. Dalam rangka meningkatkan kualitas karya literasi mahasiswa tersebut, Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyelenggarakan workshop PKM “Trik Jitu Membuat Proposal PKM dan Lolos Seleksi”, pada Jumat (29/11/2019).

 

 

FT Unimus menghadirkan Muhammad Sam’an, S.Si, M.Mat sebagai pembicara dan pemateri untuk mengupas tips dan trik membuat PKM yang berkualitas sesuai standar kejuaraan PIMNAS. Dekan FT Unimus, Dr. RM. Bagus Irawan, S.T., M.Si., IPP membuka resmi kegiatan workshop tersebut. “Saya pribadi berharap banyak pada kegiatan hari ini karena menjadi momentum untuk membuktikan siapa kita mengingat Fakultas Teknik adalah salah satu fakultas yang ikut serta dalam mendirikan Unimus pada tahun 1999 lalu. Sehingga kita harus menunjukan bagaimana FT Unimus ini bisa berperan dalam menghasilkan karya-karya ilmiah, “ paparnya. Kegiatan workshop PKM yang dicetuskan oleh prodi S1 Informatika tersebut diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai angkatan baik prodi Teknik Mesin, Teknik Elektro, maupun Informatika. Di moderatori oleh Arief Hendra Saptadi, S.T., M.Eng (dosen FT Unimus), kegiatan workshop PKM ini berusaha memberikan motivasi dan teknik penulisan PKM yang berkualitas kepada mahasiswa.

 

 

Dalam paparan Arief Hendra Saptadi, S.T., M.Eng, pihaknya menjelaskan mengenai bidang-bidang PKM yang tersedia. Secara garis besar, PKM dapat dikelompokkan menjadi tiga yakni PKM 5 Bidang, PKM Karya Tulis dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif. PKM 5 Bidang terdiri atas PKM-Penelitian (PKM-P), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Artikel ilmilah (PKM-AI), PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK). Dalam kegiatan tersebut, FT Unimus juga memberikan apreasi terhadap mahasiswa S1 Teknik Mesin Unimus Hanan Hidayat dan team Teknik Mesin yang berhasil meraih prestasi dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Jateng-DIY yang diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Mesin Jateng Utara di Universitas Muria Kudus kemarin. Melalui project bertajuk “Uji performent catalityc converter berbahan komposit berbasis keramik untuk mereduksi emisi gas buang motor bensin” Hanan berhasil meraih juara 3.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *