• Post author:
  • Post category:Berita

الله أكبر , الله أكبر , الله أكبر , لا إله إلا الله , االله أكبر و لله الحمد , الله أكبر كبيراً

IDUL FITRI 1436 HSemarang| Unimus, Jumat (17/07/2015), bertepatan dengan tanggal 1 Syawal 1436 H.  Kumandang Takbir, Tahmid, dan Tahlil serta alam bertasbih menyebut dan memanggil asma Allah SWT, Ied Fitri 1436 H, bertempat di halaman rektorat kampus Universitas Muhammadiyah Semarang, Ribuan jamaah memadati halaman kampus. Pelaksanaan dan rangkaian Shalat Ied Fitri 1436 H dilaksanakan atas kerjasama Unimus, Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan dan Pimpinan Muhammadiyah Cabang Tembalang. Imam dan sekaligus khatib adalah Bapak Dr.H. Haerudin, SE.MT,  yang membawakan tema khutbah Ied  “Ramadlan Kesalehan Diri dan Kesalehan Sosial”

Pembentukan karakter sebagai seorang muslim melalui karakter Ibadah seseorang tersebut, karena Ibadah adalah cermin dari semua tingkah laku dan sikap, ibadah jika di maknai sebagai rutinitas maka ibadah adalah sebagai ajang ritualisme yang tidak berarti. KeimananIDUL FITRI 2 sesorang tidak lain adalah bisa bertambah dan bisa berkurang bahkan hilang tanpa bekas.

Dalam khutbahnya beliau mengutip tulisan Al Imam Abdurahman bin Nashr As- Sa’di rahimatullah: bahwa seorang mukmin yang diberi taufiq oleh Allah SWT dia selalu senantiasa melakukan dua hal yakni :

  1. Membumikan ke-Imanan dan cabang-cabangnya, dengan cara mengilmuni dan mengamalkannya.
  2. Berusaha untuk menolak atau membentengi diri dari bentuk-bentuk ujian (cobaan) yang tampak maupun tersembunyi.

Di samping itu beliau memberikan arahan dan dakwah kepada umat Islam amalan yang dapat menyebabkan bertambahnya Iman sesorang di antaranya adalah :

  1. Membaca dan bertadabur (Merenungkan dan memikirkan isi kandunga Al-Quran
  2. Mengenal Al-Asma Husna dan Assunah
  3. Memperhatikan siroh atau perjalanan hidup Rasulullah Saw. Dengan mengamati, mempelajari dan menerapkan siroh dan sifat-sifat Rasulullah.
  4. Mempraktekan dan Mengamalkanya
  5. Membaca siroh para salafusholih yakni para pengikut dan sahabat nabi Muhammad.

IDUL FITRI3Dengan memperhatikan keadaan, maka iman bertambah kuat dan timbul keinginan untuk menyerupai mereka dalam segala hal. Dan begitupula sebaliknya iman sesorang akan berkurang di sebabkan oleh Kebodohan tidak punyai Ilmu Agama Islam, lalai, lupa, dan berpaling dari ketaatan, melakukan kemaksiatan, dan mengikuti hawa nafsu.

Kesalehan Individu dan Sosial

20150717_062456Bahwa ramadlan merupakan pembentukan dan pendidikan jiwa, sikap dan karakter dalam membentuk kesalehan individu dan sosial, dimana selama manhaj dirassah syahrul ramadlan satu bulan penuh melatih tarbiyah jihadiyah Al-Nafs. Semoga dengan adanya bulan ramadlan  yang membentuk bertambahnya keimanan menjadi pribadi muslim yang shaleh. [Mamdukh Budiman]