[dropcap]U[/dropcap]nimus | Kamis (21/08/2014) merupakan hari yang sangat bersejarah bagi Ibu Dr. Ir. Rahayu Astuti, M.Kes. Dosen Fakultas Kesehatan masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang (FKM Unimus), karena hari ini merupakah hari kelulusan beliau (Ibu Rahayu) sebagai Doktor ke 71 Bidang Ilmu Kedokteran/Kesehatan Program Pascasarjana Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Judul Disertasi yang beliau pertahankan di hadapan Dewan Penguji yang diktetuai oleh Prof. Dr. dr. Anies, M.Kes., PKK adalah PENGARUH PEMBERIAN TEMPE FORTIFIKASI
ZAT BESI DAN VITAMIN A TERHADAP STATUS BESI, PEROKSIDASI LEMAK
DAN OKSIDASI PROTEIN ( Studi pada Tikus Sprague Dawley).

rahayuastuti3

Sebagai Promotor adalah Prof. Dr. Dr. Hertanto Wahyu Subagio, MS, SpGK, Ko Promotor Prof. dr. Siti Fatimah Muis, M.Sc., SpGK, Prof. Dr. Ir. Budi Widianarko, M.Sc. Sedabngkan Dewan Pengujinya adalah Dr. Ir. Hadi Riyadi, MS (Institut Pertanian Bogor), Prof. Dr. dr. Hardhono Susanto, PAK (K), Prof. Dr. dr. Ag. Soemantri, Sp.AK(K), Prof. Dr. dr. Soeharyo H, Sp.PD (KPTI), dan . Prof. dr. M. Sulchan, M.Sc., Sp.GK.

Hadir dalam Promosi Doktor di Ruang Sidang Pascasarjana Undip Rektor Unimus Prof. Dr. Djamaluddin Darwis, M.A., Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ir. Nurrahman, MSi. dan Undangan penting lainnys.

Ibu Rahayu menyampaikan paparan disertasinya dengan menyimpulkan bahwa Pemberian tempe yang difortifikasi zat besi dan vitamin A terbukti : (1) Meningkatkan  kadar hemoglobin (Hb) secara bermakna setelah dikontrol variabel perancu (status protein, status Cu, status Zn, status Infeksi) (p=0,001).  (2) Menurunkan kadar  serum transferrin receptor (sTfR) secara bermakna setelah dikontrol variabel perancu (status protein, status Cu, status Zn, status Infeksi) (p=0,007).  (3) Menurunkan kadar malondialdehyde (MDA) secara bermakna (p=0,000)dan (4) Menurunkan kadar senyawa karbonil secara bermakna (p=0,000).

rahayuastuti2

Selanjutnya hasil penelitian beliau menyarankan Dosis yang direkomendasikan untuk penelitian klinik tahap 1 yaitu pada manusia khususnya remaja adalah tempe yang difortifikasi dengan zat besi kadar 271 ppm (dalam bentuk FeSO4 7 H2O 271 mg/ kg kedele basah) dan vitamin A 50 ppm (retynil acetat 50 mg/kg kedele basah) dan kajian lebih lanjut untuk pengukuran status infeksi perlu dilakukan secara kuantitatif.

Unimus sangat bangga dengan lulusnya dioktor baru di bidang kedokteran/kesehatan ini karena Unimus banyak program studi bidang kedokteran dan kesehatan yang sangat dibutuhkan untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Unimus.

Ibu Rahayu Astuti adalah istri Bapak Achmad Nurdin dan memiliki tiga putra/putri yakni Allam Muzhoffar Hanif (Semester VII FIK UNY), Inas Nadia Hanifah (Semester V PWK FT Undip), dan Ahmad Faiq Sholahuddin SMPIT Harapan Bunda Semarang), keluarga bahagia ini bertempat tinggal di Jl. Tegalkangkung Kedungmundu Semarang.

 

Loading

Leave a Reply