• Post author:
  • Post category:Berita

UNIMUSǀ Rabu-Sabtu (19-22/08/2015), Program Studi Keperawatan meliputi D III Keperawatan, S1 Keperawatan dan Profesi Ners menyelenggarakan workshop peninjauan kurikulum. Kegiatan dibuka oleh Ka Prodi S1 Keperawatan (Dr. Tri Hartiti, M.Kes.) didampingi Sekretaris Program Profesi Ners (Ns. Ernawati, M.Kes.). Beliau menyampaikan bahwa peninjauan kurikulum merupakan agenda untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang idealnya diselenggarakan tiap dua tahun.

workshop keperawatan unimus 1
workshop keperawatan unimus 1

Peninjauan kurikulum berlangsung selama empat hari dan diikuti oleh semua dosen program studi DIII, S1 dan Ners. Hasil kerja yang diharapkan dari workshop ini meliputi tersusunnya kelengkapan rancangan pembelajaran kurikulum institusi, GBPP, kontrak perkuliahan dan satuan acara pembelajaran yang telah menerjemahkan kurikulum KKNI.

workshop keperawatan unimus 2
workshop keperawatan unimus 2

Kurikulum yang diadopsi oleh keperawatan yaitu kurikulum yang telah disahkan oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Nasional Indonesia (AIPNI) dan Asosiasi Institusi Pendidikan Diploma Keperawatan (AIPDIKI), yaitu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). KKNImerupakan perwujudan mutu dan jati diriBangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan dan pelatihan nasional yang dimiliki Indonesia. KKNI telah diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 8 tahun 2012 tentang Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, diturunkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 73 tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifiaksi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi.

workshop keperawatan unimus 3
workshop keperawatan unimus 3

Melalui peninjauan kurikulum ini diharapkan Program Studi Keperawatan mampu mengikuti perkembangan keilmuan keperawatan dan menterjemahkan kedalam kurikulum sesuai kebutuhan dan kekhususan tiap program studi. Learning outcome yang diharapkan dari kurikulum KKNI adalah kemampuan yang diperoleh mahasiswa melalui internalisasi pengetahuan, sikap, ketrampilan, kompetensi dan akumulasi pengalaman kerja. Pengetahuan (knowledge):penguasaan teori dan keterampilan oleh seseorang pada suatu bidang keahlian tertentu atau pemahaman tentang fakta dan informasi yang diperoleh seseorang melalui pengalaman atau pendidikan untuk keperluan tertentu. Pengetahuan praktis (know-how):penguasaan teori dan keterampilan oleh seseorang pada suatu bidang keahlian tertentu atau pemahaman tentang metodologi dan keterampilan teknis yang diperoleh seseorang melalui pengalaman atau pendidikan untuk keperluan tertentu. Keterampilan (skill): kemampuan psikomotorik (termasuk manual dexterity dan penggunaan metode, bahan, alat dan instrumen) yang dicapai melalui pelatihan yang terukur dilandasi oleh pengetahuan (knowledge) atau pemahaman (know-how) yang dimiliki seseorang mampu menghasilkan produk atau unjuk kerja yang dapat dinilai secara kualitatif maupun kuantitatif. Afeksi (affection):sikap (attitude) sensitif seseorang terhadap aspek-aspek di sekitar kehidupannya baik ditumbuhkan oleh karena proses pembelajarannya maupun lingkungan kehidupan keluarga atau masyarakat secara luas.

workshop keperawatan unimus 4
workshop keperawatan unimus 4

Kegiatan workshop dihadiri pula oleh Rektor Unimus (Prof. Masrukhi, M.Pd.) yang berkenan mengunjungi dan memberikan penguatan kepada seluruh dosen Program Studi Keperawatan untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran kepada mahasiswa, baik dalam bidang pendidikan melalui workshop kurikulum yang sedang berjalan maupun di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, dengan memberikan peer untuk menginisiasi terbentuknya jurnal keperawatan terakreditasi. Hal ini merupakan niatan baik yang harus didukung oleh segenap pengelola dan dosen keperawatan. (humas-jipc/keperawatan)

Loading