Sambutan oleh Rektor
Sambutan oleh Rektor

Semarang | (24/06/2016) Masih dalam rangkaian gebyar semarak Ramadhan 1437 H, Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyelenggarakan peringatan nuzulul qur’an dengan mengambil tema “Implementasi Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Al-Quran”. Menghadirkan Prof. Dr. HM Dailamy SP (Guru besar STAIN Purwokerto), kegiatan berlangsung dengan dihadiri oleh Badan Pembina Harian, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Rektor, jajaran pimpinan dan segenap civitas akademika Unimus. Kegiatan diawali dengan tausyiyah hingga menunggu saat berbuka puasa dan dilanjutkan dengan sholat tarawih berjamaah di masjid At-Taqwa yang berlokasi di kampus Unimus.

Tausyiyah oleh Prof. Dr. HM. Dailamy SP.
Tausyiyah oleh Prof. Dr. HM. Dailamy SP.

Melalui tausyiyahnya, Prof. Dailamy menyampaikan, sebagaimana tertuang dalam QS Al-Baqarah:183-185 mengenai perintah bagi orang-orang yang beriman untuk menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Terdapat tiga amalan ibadah penting dalam bulan Ramadhan ini, diantaranya zakat, puasa dan sholat tarawih. Melaksanakan perintah Allah yang tertuang dalam Al-Qur’an merupakan salah satu cara untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an, sehingga menjadi upaya membentuk generasi qurani yang bukan hanya senang membaca tetapi juga menghafal dan mempelajari Al-Qur’an.

Sejalan dengan semarak Ramadhan 1437 H ini, Unimus mengusung tema “Pelopor nilai-nilai konservasi Islam, menuju generasi Qur’ani”. Semarak Ramadhan Unimus telah dilaksanakan melalui beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya: kajian intensif ba’dha dzuhur yang dilaksanakan setiap hari Senin-Rabu, kajian Kamis pagi, dan program intensif baca Qur’an dan puncaknya yaitu peringatan Nuzulul Qur’an bersamaan dengan kegiatan buka bersama civitas akademika Unimus.

Simbolis penyerahan bingkisan lebaran kepada dosen dan karyawan Unimus
Simbolis penyerahan bingkisan lebaran kepada dosen dan karyawan Unimus
Penyerahan penghargaan kepada karyawan terajin yang mengikuti kajian islami kampus
Penyerahan penghargaan kepada karyawan terajin yang mengikuti kajian islami kampus
Peserta peringatan nuzulul qur’an
Peserta peringatan nuzulul qur’an

Melalui kegiatan tersebut, Rektor Unimus (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd.) juga berkesempatan menyerahkan secara simbolis penghargaan kepada karyawan Unimus yang paling rajin mengikuti kegiatan kajian. Selain itu, diserahkan pula secara simbolis bingkisan lebaran kepada karyawan Unimus menyambut datangnya Idul Fitri 1437 H.

(sumber: LSIK – UPT Kehumasan & JIPC)