LOMBA KOMPETENSI SISWA (LKS) JAWA TENGAH XX BIDANG POST HARVEST TECHNOLOGY BERLANGSUNG DI KAMPUS UNIMUS

Siti Aminah, Ketua Program Studi S1 Teknologi Pangan UnimusSiti Aminah Ketua Program Studi S1 Teknologi Pangan menyampaikan bahwa sebanyak 10 SMK Pertanian, Perikanan dan Kelautan  se Jawa Tengah mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Jawa Tengah XX di Universitas  Muhammadiyah Semarang (UNIMUS). Mata lomba yang diselenggarakan di UNIMUS adalah Post Harvest Technology. Kegiatan lomba berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 18 – 20 Oktober. Menggali potensi tempe menjadi produk yang digemari masyarakat dewasa ini yaitu “nugget” merupakan fokus materi lomba. Siswa yang dikirim untuk mengikuti kegiatan lomba ini adalah: Gilang Rafi Abyansah (SMK N 1 Mojosongo Boyolali), Gina Setiani (SMK N 1 Jepara), Hanifah Albana Nur Adhini ( SMK N 1 Temanggung), Ismiarti ( SMK N 1 Kalibagor), Lia Aulia (SMK N 3 Kudus), Nur Indraningsih ( SMK N 1 Salam), Puji Lestari (SMK N 1 Slawi, Tegal), Romiati SMK N 2 Purbalingga), Siti Nurkhamidah ( SMK N 1 Bawen), Yeni Puspitasari ( SMK N 1 Kedawung, Sragen).  Masing-masing siswa didampingi oleh pembimbing.

Hari ini seluruh peserta mengikuti serangkaian kegiatan yaitu:  technical meeting,  pembukaan,  tes teori dan  tes praktik. Acara pembukaan menjadi lebih meriah ketika Rektor UNIMUS berkenan hadir dan dapat memberikan sambutan serta membuka acara lomba secara resmi.  Rektor memberikan apresiasi kepada segenap peserta, pembimbing dan panitia pelaksana dalam usahanya menggali potensi dan kreativitas siswa di bidang pengolahan pangan.

Ujian teori dalam bahasa inggris dilaksanakan dengan khidmat oleh peserta. Setelah ujian teori peserta langsung mempersiapkan bahan untuk tes praktikum besuk pagi yang meliputi pembuatan tempe dan nuget tempe serta analisis mutu tempe.

Peserta dan Oppicial serius mendengarkan teknikal meetingKetua Panitia Drs. Subandi dan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Drs.  Purwono MM menyampaikan bahwa siswa yang terbaik dan yang paling berkompeten dalam lomba ini menjadi duta dari Jawa Tengah untuk mengikuti kegiatan sejenis di Tingkat Nasional. Penilaian peserta lomba diserahkan sepenuhnya kepada Tim Juri yang terdiri dari: Ir. Nurrahman M.Si,  Dosen Program Studi S1 Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah (Kandidat Doktor Ilmu Pangan UGM) yang desertasinya mengkaji tentang tempe kedelai hitam, serta dua juri lainnya: Theresia Sriatun, S.TP dan Asmoro Hendriyadi, Amd Kes., SE  dari PT. Charoen Pokphand Indonesia  di Salatiga dengan produk utamanya nuget dan sosis.

UNIMUS di pilih dan ditetapkan sebagai tempat kegiatan atas dasar survey Panitia di sejumlah tempat  dan kesepakatan dari MKKS yang  mempercayakan kapabilitas dan independesi UNIMUS. Pelaksanaan dikegiatan di UNIMUS dikoordinasikan oleh  jajaran dosen dan staf Program Studi S1 Teknologi Pangan. Jauh-jauh hari UNIMUS telah mempersiapkan serangkaian kegiatan penataan tempat dan peralatan yang diperlukan untuk kegiatan lomba, dengan harapan kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

Ir. Nurachman, Msi. Dosen Tekpan Unimus menjadi Juri

 
BERITA LAIN  
 
Prodi Teknologi Pangan Unimus teken MoU dengan Coolnova® Technology dari Jerman
17 Nov 2014

 
Nazar Mulia di Wisuda ke 21 Universitas Muhammadiyah Semarang
30 Okt 2014

 
Maritim Indonesia Harus di Optimalkan | UiT the Arctic University of Norwegia-Unimus 2014
23 Okt 2014

 
Ketua Forum Kesehatan Kerja Eropa Berikan Kuliah Umum di Unimus
20 Okt 2014

 
UNIMUS- CALGARY UNIVERSITY JALIN KERJASAMA
15 Okt 2014

 
IDUL ADLHA 1435 H : KETUNDUKAN TOTAL KEPADA TUHAN
14 Okt 2014

 
Unimus | World Class University - Cairo Middle East 2014
30 Sep 2014

 
PRODI S-1 SASTRA INGGRIS TERIMA KUNJUNGAN ASSESOR BAN PT
19 Sep 2014

 
IKAMUS Wilayah Timur Tengah Terbentuk di Qatar
17 Sep 2014

 
Gelar Ketoprak Akademik “Taubat Ken Arok” Dosen Unimus Tampil Menawan
16 Sep 2014

 
 
Indeks Berita  
 
  Dibaca 835 kali | Diposting pada 20 Agust 2011  
   
  Share  
     
 
       
 
     
 
  Copyright © 2010 Universitas Muhammadiyah Semarang