Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

RANGKAIAN PILREK ǀ PENYAMPAIAN VISI MISI & PENETAPAN 3 CALON REKTOR UNIMUS PERIODE 2015-2019

Ketua senat dan panitia pemilihan membuka penyampaian visi dan misi

UNIMUS | Semarang, Jumat (29/05/2015), Setelah sebelumnya ditetapkan empat nama calon Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) periode 2015-2019 oleh senat pada Selasa (26/05/2015) lalu, maka tahapan berikutnya yang digelar adalah rapat senat terbuka yang berisi penyampaian visi dan misi empat calon rektor dan dilanjutkan dengan tanggapan serta tanya jawab dari peserta yang terdiri dari anggota senat, civitas akademika, dan perwakilan dari mahasiswa. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan rapat senat tertutup yang memilih secara langsung calon rektor dan menetapkan tiga nama calon rektor yang selanjutnya akan dikirim ke Pengurus Pusat Muhammadiyah untuk memilih satu nama.

Pada penyampaian visi dan misi, masing-masing calon rektor mempunyai keunggulan dan pemikiran. Calon pertama yang menyampaikan paparannya yaitu Edy Wuryanto, SKp., M.Kep. Beliau menekankan bahwa Unimus kedepan harus berfokus kepada percepatan pengembangan akademik, pembangunan kampus terpadu, penguatan kerjasama dengan persyarikatan dan amal usaha Muhammadiyah, penguatan di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, penguatan pola pembinaan kemahasiswaan, dan peningkatan kesejahteraan karyawan. Calon kedua, Dr. Hardiwinoto, SE., M.Si., mengajukan pengimplementasian visi dan misi Unimus yang telah berjalan dengan mengedepankan karakter unggul, berkarakter, berbasis teknologi, dan berwawasan internasional. Beliau juga menyampaikan bahwa Unimus perlu merubah paradigma keuangan dan sumber daya manusia untuk dapat bergerak lebih cepat. Calon ketiga, Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd. mengusung Unimus yang “Unik mempesona menuju unggul bermakna”. Melalui paparannya beliau menyampaikan untuk mewujudkan program unggulan 2015-2019 ditetapkan sembilan strategi pencapaian, yaitu: transparansi, responsibilitas, akuntabilitas, empati, fairness, partisipasi, pemberdayaan, keberlanjutan dan profesionalisme.

Calon terakhir, Dr. Ir. Nurrahman, M.Si. menegaskan dalam paparannya mengenai pengembangan mutu institusi yang mutlak dibutuhkan dalam menghadapi globalisasi pendidikan. Rencana strategis yang beliau usung adalah mengimplementasikan strategi pengembangan pendidikan tinggi sesuai dengan visi dan misi Unimus beserta indikator kerjanya, mengembangkan mutu akademik, mengembangkan tata kelola untuk kesehatan organisasi dan pelayanan yang lebih baik, memberikan penguatan terhadap sumber daya manusia, meberikan penekanan pada dosen untuk mencapai status akademik tertinggi, mengembangkan budaya Islam dan kemuhammadiyahan, mengembangkan integrasi Islam dan ilmu untuk menghadapi perubahan nilai kehidupan, mengambangkan kerjasama nasional dan internasional, mendorong dosen dan mahasiswa untuk menghasilkan karya ilmiah dan mendorong mahsiswa agar terlibat dalam program kreativitas mahasiswa. Penyampaian visi dan misi mendapat antusiasme dari anggota senat dan peserta yang mengajukan pertanyaan terkait program kerja yang diusulkan oleh masing-masing calon rektor.

Agenda berikutnya setelah paparan visi dan misi calon rektor adalah rapat senat tertutup yaitu pemungutan suara oleh anggota senat untuk memutuskan 3 nama yang akan diajukan ke Pengurus Pusat Muhammadiyah. Hasil pemungutan suara mengumumkan bahwa tiga nama yang terpilih yaitu Edy Wuryanto, S.Kep., M.Kep., Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd. dan Dr. Ir. Nurrahman, M.Si. Langkah berikutnya yang dilakukan oleh Panitia Penilihan Rektor adalah mengirimkan hasil pemilihan kepada Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Yogyakarta dan mempersilahkan PP Muhammadiyah memilih dan menetapkan Rektor baru Unimus 2015-2019.

Rektor Unimus (Prof. Dr. Djamaluddin Darwis, MA) menyampaikan para calon yang dipilih oleh senat memiliki kualitas dan komit terhadap perkembangan dan kemajuan Unimus. Semoga siapapun yang kelak terpilih sebagai Rektor Unimus sebagai hasil penetapan oleh PP Muhammadiyah dapat berkomitmen penuh dan menjalankan amanahnya dengan meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW (siddiq, amanah, tabligh dan fathonah). (humas-jipc).