Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Benchmarking Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama (KUIK)

Kerjasama KUIK Unimus

Kerjasama KUIK Unimus Bersama Pembantu Rektor IV UMP

Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama (KUIK) UNIMUS merupakan lembaga baru yang dibentuk melalui SK Rektor nomor 069/UNIMUS/SK.KP/2014 pada tanggal 24 November 2014, lembaga ini dibawah naungan Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan kerjasama. KUIK memiliki tugas dalam melayani urusan internasional (Scholarships, Student Exchange, AcademicVisits, Research Collaborations) dan juga mengembangkan kerjasama (MoU) dengan perguruan tinggi luar negeri terkemuka yang dapat meningkatkan kapasitas UNIMUS menjadi “A University for the excellence” sebagaimana moto-nya.

Dr. Djoko Setyo Hartono SE, MM, SH, MKn, (Wakil Rektor III, UNIMUS) dalam pesannya menyampaikan ”Pembentukan bidang yang melayani urusan Internasional dan kerjasama dimaksudkan memperkuat posisi UNIMUS sebagai lembaga pendidikan yang berkelas dan memiliki daya saing internasional dimasa yang akan datang“ 6/01/2015.

Kunjungan KUIK ke UMP

Kunjungan KUIK ke UMP

Kunjungan KUIK ke UMP

Pada Rabu 24 Desember 2014, sebagaimana Surat Tugas dari Wakil Rektor III No. 371/UNIMUS/KS/2014, KUIK UNIMUS melaksanakan kunjungan perdananya dalam rangka studi banding dan menjalin kerjasama di Kantor UrusanInternasional (KUI), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Dalam kunjungannya di UMP diterima oleh Bapak Ir. Regawa Bayu Pamungkas, MT (Pembantu Rektor IV UMP) dan Ibu Santhy Herawati, Ph.D (Kepala Bidang Kerjasama dan Pengembangan UMP).

“Penerapan Strategi dengan menjalin komunikasi dan memperkuat kerjasama antar KUI pada level Nasional maupun antar Universitas Muhammadiyah di Indonesia akan sangat membantu memperluas jaringan” demikian dikatakan Bu Santhy Herawati, PhD. Beliau juga menambahkan bahwa KUI harus dapat menjaring kesempatan kerjasama seluas mungkin dengan Univeritas Luar Negeri melalui (1) korespondensi (2) penawarankunjungan (3) pengiriman informasi yang dapat dikerjasamakan.

Pembantu Rektor IV UMP

Penyerahan Plakat oleh Pembantu Rektor IV UMP

Disamping itu hasil kunjungan juga mengkaji perintisan Program Darmasiswa Mahasiswa Asing di kampus, baik melalui program pemerintah Indonesia maupun program pemerintah luar negeri. Program yang saat ini telah ditawarkan oleh Badan Kerjasama Luar Negeri DIKTI dan telah dilaksanakan UMP adalah Program “Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing” BIPA.

Kerjasama, Korespondensi dan Informasi

KUIK UNIMUS saat ini sedang membuka penawaran kerjasama dengan Kedutaan Besar negara sahabat untuk berpartisipasi pada CORNER KUIK untuk mengisi buku-buku budaya negara setempat, informasi beasiswa dan program kerjasama. Selain itu, juga mengajak dan memberikan kesempatan pada pengelola penyedia beasiswa luar negeri seperti AMINEF, DAAD,NUFFIC/ NESO, IDB, AusAID dan berbagai lembaga donor lainnya untuk dapat berkunjung dan mensosialisasikan programnya di KAMPUS UNIMUS. (M.Yusuf)

Untuk korespondensi dapat menghubungi, Muhammad Yusuf, PhD (Pengelola Kerjasama Internasional) Email: m.yusuf@unimus.ac.id, HP +62-812-1536-0411,

Majid Ariyoga, AMd (Pengelola Kerjasama Dalam Negeri) Email: kerjasama.unimus@gmail.com, HP +62-856-4053-1661.

Comments are closed.