Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Teknik Mesin Unimus Kenalkan Dunia Industri kepada Mahasiswa melalui Alumni Mengajar

Semarang | Dibuka oleh dekan Fakultas Teknik, Prodi Teknik Mesin gelar kuliah alumni mengajar, pada Selasa, 7 Januari 2020, di kampus 4 Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus). dihadiri oleh Dekan (Dr. RM. Bagus Irawan, ST. M.Si., IPM), Kaprodi Teknik Mesin, Dosen dan Sivitas Akademika, serta seluruh mahasiswa Teknik Mesin semester satu dan semester tiga, dan dinarasumberi oleh Alumni Teknik Mesin “Krisna Sembodo, ST.”, yang merupakan asisten manager di Department Industrial Engineering, PT. Morich Indo Fasion Ungaran tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa bagaimana cara untuk menyalurkan, mengimplementasikan atau mempraktekkan ilmu yang telah dipelajari semasa kuliah pada bidang industrial dan mengenalkan proses industry untuk menhasilkan sebuah hasil yang dapat digunakan baik oleh masyarakat maupun kelompok usaha.

Penghargaan Kepada Alumni (kiri) sebagai narasumber dalam Alumni Mengajar Oleh Dekan (kanan)

Dengan mengangkat tema “Implementasi Ilmu Teknik Mesin Pada Proses Produksi di Industri Garmen”, dekan menyampaikan bahawa tujuan diadakannya kuliah alumni mengajar tersebut adalah untuk mendorong Prodi dan Fakultas memperkenalkan alumni – alumni atau lulusan dari Teknik Mesin Unimus yang telah sukses berkarir di dunia kerja kepada mahasiwa tingkat awal, dan memperlihatkan sejauh mana mahasiswa bisa berkembang dan bertahan di dunia kerja setelah lulus dari Unimus. Kegiatan alumni mengajar tersebut dikhususkan guna memberikan pengetahuan kepada mahasiswa bagaimana pesatnya perkembangan industry yang ada di Indonesia. Selain itu alumni mengajar juga bertujuan memperlihatkan bagaimana peran alumni terhadapat Universitas, fakultas, maupun Program Studi yang tentunya dapat menambah nilai lebih dimata masyarakat.
Dekan juga menyampaikan dalam sambutannya bahwa sebuah keberhasilan itu tidaklah diraih dengan jalan yang mudah, melainkan dengan usaha dan kerja keras serta do’a, contohnya dengan bersikap yang baik sebagai mahasiswa, mentaati aturan – aturan yang ada, rajin dalam mengikuti perkuliahan, dan selalu aktif dalam setiap kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri dalam proses pembelajaran yang diberikan oleh Dosen. Dekan berharap dengan adanya alumni mengajar tersebut bisa memberikan wawasan terhadap mahasiswa bagaimana proses pekerjaan dalam dunia perindustrian, sehingga bisa memberikan semangat belajar yang tinggi kepada mahasiswa, dan setelah lulus nanti akan mampu bersaing dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan khusunya dalam bidang industry.

Sambutan Oleh dekan sekaligus membuka kegiatan Alumni Mengajar Teknik Mesin Unimus

Dekan menambahkan poin penting dengan diadakan kegiatan alumni mengajar dan kegiatan – kegiatan lainnya yang mampu memberikan wawasan dan pengetahuan terhadap mahasiswa adalah untuk peningkatan nilai atau poin yang bertujuan memberikan dampak positif terhadap akreditasi Prodi, yang bisa menjadi salah satu persiapan. Sebagai penutup dekan mengharapkan akan ada penandatanganan surat kerja sama atau MoU antara FT khususnya Teknik Mesin Unimus dengan PT. Morich Indo Fasion Ungaran sebagai tindak lanjut setelah diadakannya kegiatan alumni mengajar tersebut, yang nantinya mampu memberikan dampak yang positif bagi Unimus dalam hal Kerja Praktek atau magang bagi mahasiswa dan lowongan pekerjaan bagi lulusan teknik Mesin unimus.

Pemaparan Materi Oleh Narasumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *