Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Tingkatkan Daya Saing Internasional, Unimus Siapkan Alumni Mahir Berbahasa Jepang

Jepang merupakan salah satu negara di luar negeri yang diimpikan lulusan Perguruan Tinggi untuk dapat bekerja. Tentunya dibutuhkan persiapan yang matang untuk dapat bekerja di Jepang. Keterampilan berbahasa Jepang level N4 adalah persyaratan yang harus dikuasai oleh calon tenaga profesional yang akan bekerja di Jepang.  Menindaklanjuti hal tersebut Unimus bekerja sama dengan Hamamatsu Japan dan PT Seafer Sumberdaya dalam penyelenggaraan kursus bahasa Jepang yang diutamakan bagi alumni. Kegiatan terselenggara berkat adanya MoU  dan MoA Unimus dan PT Seafer. Rabu (22/1/2020) telah hadir pengajar Bahasa Jepang Mr. Shinya Sinji dari Hamamatsu Japan, yang akan ditempatkan di Unimus selama 6 Bulan. Bertempat di gedung NRC Unimus telah diadakan perkenalan dengan native speaker bahasa Jepang tersebut. Hadir dalam kegiatan tersebut Dekan dan Wakil Dekan I FIKKES, W Dekan FT Unimus, Kaprodi S1 Keperawatan, Kaprodi D3 Keperawatan, Kaprodi Ners, Kaprodi S1 Teknik Elektro, Kepala UCDC, Kepala MLC serta Direktur IRO Unimus.

 

Usai perkenalan dilanjutkan orientasi lingkungan kampus, laboratorium dan ruang kelas yang akan digunakan untuk belajar Bahasa Jepang. Pengajar Native Japan, diharapkan dapat dioptimalkan oleh program studi di Unimus untuk menyiapkan mahasiswa semester akhir/alumninya yang berminat bekerja di Jepang. Dalam sambutannya Dekan FIKKES Unimus, Dr. Ali Rosidi, SKM, M.Si menyatakan bahwa dengan punya modal bahasa Jepang, tentunya ini akan menjadi nilai tambah bagi alumni Unimus. “Memiliki kemampuan untuk berbicara dengan bahasa Jepang akan menjadi poin lebih ketika alumni Unimus mencari perkerjaan untuk mengalahkan kompetitor SDM lain pada saat melakukan interview kerja, “ paparnya.

 

Lebih lanjut, dalam kesempatan tersebut Dekan FT Unimus Dr. RM. Bagus Irawan, S.T., M.Si., IPP juga mendiskusikan perihal syarat atau ketentuan apa saja yang harus dipenuhi oleh alumni atau mahasiswa Teknik Unimus agar bisa diterima di perusahaan Jepang. “Kami harus mempersiapkan standar atau indikator apa saja yang perlu kami buat agar mahasiswa FT Unimus dapat lolos dalam kesempatan mendapatkan pekerjaan di Jepang, “ ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *