Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Respon Isu Virus Corona, FKM Unimus Gelar Semnas

Semarang | Dimulai dari Wuhan di negeri Cina, virus Corona saat ini telah menjadi pandemic dunia. Sebagaimana diketahui, jumlah para penderita semakin melonjak hingga kemudian menimbulkan rasa kecemasan yang luar biasa terus merebak. Berangkat dari hal tersebut, Fakultas Kesehatan Masyarakat merespon isu tersebut dengan menggelar Seminar Nasional, pada Sabtu 8 Februari 2020. Mengusung tema “Membangun Sinergi Prevensi Penanggulangan Pandemi Novel Coronavirus di Indonesia”, kegiatan tersebut menghadirkan beberapa narasumber terkemuka diantaranya dr. Anung Sugihantono, M.Kes (Dirjen P2P Kemenkes Republik Indonesia), dilanjutkan dengan dr. Aryanti MM, M.KM (Kepala KKP Kelas II Semarang), dr. Nur Farhanah, M.Si.Med, Sp.PD, K-PTI (Bag. Ilmu Penyakit Dalam FK Undip/KSM RSUP dr. Kariadi Semarang), Dr. Sayono, SKM, M.Kes (Epid) (Bag. Epidermiologi dan Penyakit Tropik FKM Unimus), serta Dr. Budi Santosa, SKM., M.Si.Med (Wakil Rektor I Bidang Akademik Unimus).

 

 

Bertempat di Aula FK Unimus, acara diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai profesi termasuk mahasiswa, dosen, dan tenaga medis. Hadir untuk memberikan sambutan, Dekan FKM Unimus Mifbakhuddin, S.K.M, M.Kes. Pihaknya menyatakan bahwa dengan adanya kegiatan seminar tersebut diharapkan dapat memaparkan data serta informasi yang benar dan tepat. “Sehingga diharapkan masyarakat dapat menerima gambaran bagaimana virus corona itu menyebar, pendeteksisan dini, bagaimana pengendaliannya, maka dari itu kita menghadirkan narasumber yang sesuai dengan bidangnya untuk membahas dan menyampaikan topic tentang virus corona ini agar tenaga kesehatan khususnya dapat menyebarluaskan informasi yang valid kepada masyarakat, “ jelasnya.

 

 

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama dari dr. Anung Sugihantono, M.Kes dengan topic “Strategi Pencegahan dan Pengendalian Novel Coronavirus di Indonesia”, dilanjutkan dengan dr. Aryanti MM, M.KM dengan topic “Deteksi Dini dan Penatalaksanaan Suspek Infeksi Novel Coronavirus”, dr. Nur Farhanah, M.Si.Med, Sp.PD, K-PTI dengan topic “Karakteristik Novel Coronavirus, Perawatan dan Tindakan Medis Penderita”, kemudian Dr. Sayono, SKM, M.Kes (Epid) dengan topic “Peran Tenaga Kesmas dalam Promosi, Prevensi, dan Penanggulangan Pandemi Novel Coronavirus”, serta Dr. Budi Santosa, SKM., M.Si.Med yang memaparkan topic “Lesson Learned Pandemi Novel Coronavirus dalam Pengembangan Pendidikan Tenaga Kesehatan”. Kegiatan seminar tersebut dimoderatori oleh Dr. Sri Darmawati, M.Si.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *