Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Selamat, Program Studi Teknologi Pangan UNIMUS memperoleh Predikat B dari BAN-PT

dosen_tpProgram Studi teknologi Pangan Unimus mendapatkan ucapan selamat dari Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (FIKKES) Edy Soesanto, SKp, MKes yang mendapatkan informasi pertama kali perihal hasil Akreditasi Program Studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat B (Baik) dengan bobot nilai 332. Ketua Prodi Siti Aminah STP MSi menyambutnya dengan senang, “Alhamdulillah, kepercayaan yang diberikan Dikti kepada Prodi Teknologi Pangan adalah amanah yang tidak ringan, karena seluruh civitas akademika dituntut untuk lebih baik dan berprestasi dalam menjalankan Catur Darma Perguruan Tinggi.”

Visitasi akreditasi dilakukan tanggal 8-9 September lalu oleh Prof Dr Ir Endang Sutriswati Rahayu, MS  dari UGM  Jogjakarta dan Prof Dr Machfud MSc  dari Institut Pertanian Bogor. Hasil akreditasi tertuang dalam SK BAN-PT Nomor 447/SK/BAN-PT/Akred/XI/2014 tanggal 15 November  2014 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi pada Program Sarjana yang ditandatangani Ketua BAN PT Prof Mansyur Ramly. Prodi Teknologi Pangan memulai menyelenggaraan kegiatan akademik 2005 dan perpanjangan ijin operasional terakhir 25 September 2010.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unimus Dr Ir Nurrahman MSi yang juga dosen Prodi Teknologi Pangan menambahkan, “Dalam 5 tahun ke depan yaitu masa berlakunya akreditasi kita punya tantangan berat untuk mempertahankan peringkat akreditasi. Hal ini penting dan perlu berjuang lebih giat lagi agar meningkat predikatnya dari Baik menjadi Sangat Baik.”

Langkah-langkah kongkrit yang sudah dikerjakan menurut M Yusuf PhD Sekretaris Prodi adalah “open strategi to get opportunity”. “Prodi Teknologi Pangan aktif dalam kegiatan profesi yaitu Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI), menjalin kerjasama dengan instansi negeri maupun swasta nasional maupun internasional, demikian juga kalangan industri pangan baik tingkat rumah tangga (UMKM), industri menengah dan industri besar. Kalangan profesional pun sering didatangkan untuk memberikan kuliah tamu,” jelasnya.

Prodi Teknologi Pangan memiliki visi “Menjadi pusat pendidikan bidang pangan berbasis pangan fungsional dan wirausaha yang profesional  serta berwawasan global  yang Islami”. Sedangkan misinya adalah 1) Menyelenggarakan pendidikan bidang pangan yang didasarkan pada pemanfaatan teknologi informasi dan kewirausahaan berwawasan global, 2) Mengembangkan pengkajian pangan fungsional, 3) Profesionalisasi sivitas akademika Program Studi S1 Teknologi Pangan, 4) Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian, pengabdian dan publikasi Ilmiah, 5) Menjalin kerjasama dengan pemerintah, institusi pendidikan, dan industri bidang pangan, 6) Mengembangkan kehidupan Islami di lingkungan kampus. Selamat dan terus tingkatkan kualitas (gus/admin)

Comments are closed.