Semarang │UNIMUS (09/06/2018) Delapan mahasiswa Fakultas Kedokteran Cyberjaya University College of Medical Sciences (CUCMS) Malaysia menjalani Student Exchange dan praktek elektif di Fakultas Kedokteran Unimus selama 3 minggu. Mahasiswa semester delapan tersebut difasilitasi FK Unimus untuk melakukan praktek elektif ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Adhyatma, MPH (RSUD Tugurejo Semarang).  Para mahasiswa CUCMS melakukan praktek elektif pada empat Department yaitu Surgery, Oncology, Obsgyn dan Pediatric. Mahasiswa tersebut adalah Fakhrul Syamil (Oncology Department), Rib’e (Paediatric Department), Muhammad Zafri Zaqwan, Amirah Nabilah, dan Nurul Basyirah (Surgery Depertment), serta Mega Muliasari, Maryam Ulfah, dan Taibah Lailie (Obsgyn Department). Saat ini meraka sudah menjalani praktek  di RSUD Tugurejo selama dua minggu sampai 13 Juni 2018

Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi saat memperkenalkan mereka di acara buka puasa bersama dan peringatan Nuzulul Quran di kampus Unimus Jumat sore (08/09/2018) menyatakan kerjasama Unimus dengan CUCMS Malaysia menyusul penandatanganan MOU dan MOA kedua perguruan tinggi bebetrapa waktu lalu. Unimus belum lama ini melakukan pengiriman sejumlah mahasiswa FK Unimus melakukan international Unimus student mobility dan  benchmarking internasional ke CUCMS selama seminggu. Langkah pengiriman mahasiswa Unimus ke luar negeri dan menerima mahasiswa asing ke Unimus sebagai salah satu upaya internasionalisasi Unimus serta peningkatan mutu Unimus di era global seperti sekarang ini.

Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi memperkenalkan mereka di acara buka puasa bersama dan peringatan Nuzulul Quran di kampus Unimus Jumat sore (08/09/2018). Rektor  menyatakan bahwa kerjasama Unimus dengan CUCMS Malaysia menyusul penandatanganan MOU dan MOA kedua perguruan tinggi bebetrapa waktu lalu.  Unimus belum lama ini melakukan pengiriman sejumlah mahasiswa FK Unimus melakukan international Unimus student mobility dan  benchmarking internasional ke CUCMS selama seminggu. “Langkah pengiriman mahasiswa Unimus ke luar negeri dan menerima mahasiswa asing ke Unimus sebagai salah satu upaya internasionalisasi Unimus serta peningkatan mutu Unimus di era global seperti sekarang ini” pungkas Rektor.

Rektor Unimus menerima kenang-kenangan dari mahasiswa kedokteran CUMCS Malaysia

Perwakilan mahasiswa CUCMS Rib’e, Taibah Lailie, dan Fakhrul Syamil menceritakan pengalaman mereka selama mengikuti praktek elektif di RSUD Tugurejo. Secara umum mereka sangat senang bisa menjalani praktek elektif di Unimus-RSUD Tugurejo karena sebagai dokter muda (coass) mereka tidak hanya bertugas di bangsal dan poli saja melainkan di bagian lain seperti ICU dan sejumlah bagian lainnya.  Taibah menambahkan bahwa saat ini mereka tengah menjalani semester 8. “Di Malaysia pembelajaran Kedokteran terdiri dari dua tahun teori dan tiga tahun praktek di klinik (Coass) dan dilanjutkan internship” tamba Taibah.

Di bawah supervisor pembimbing klinik FK Unimus dokter spesialis RSUD Tugurejo, mereka merasa mendapatkan pengalaman internship lebih komplit dibanding kalau menjalani internship di negara Malaysia. Dekan FK Unimus Prof. Dr. Rifki Muslim, Sp.B, Sp.U yang juga seorang pakar dan konsultan bedah urologi juga memberikan kesempatan kepada tiga mahasiswa CUMCS yang memilih praktek elektif “Surgery Department” untuk mengikuti kegiatan beliau menjalankan operasi di kamar operasi RS Roemani Semarang.

 

Reportase UPT Humas & Protokoler

Loading