Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

FE Unimus Ajak Mahasiswa Tetap Semangat Tulis Skripsi di Era Pandemi

Semarang | (23/6/2020) Menjaga agar tetap produktif dimasa pandemic covid – 19 seperti sekarang ini Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang gelar Webinar “Cara mudah penulisan skripsi kuantitatif” pada Selasa (23/6/2020). Webinar dihadiri oleh Kaprodi S1 Manajemen (Drs. Triyono, MM.), Dosen dan diikuti oleh 97 partisipan mahasiswa semester akhir menghadirkan narasumber Dr. Haerudin, MT. (Dekan Fakultas Ekonomi Unimus), Dr. Suwardi, MM. (Dosen Fakultas Ekonomi Unimus).

Disampaikan oleh Dekan FE, tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah sebagai bahan pembelajaran aktif secara keseluruan dari materi – materi yang diberikan oleh narasumber guna untuk membantu dan mempermudah mahasiswa tingkat akhir dalam menghadapi dan menulis skripsi yang baik dan benar sehingga bisa selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan bahkan bisa lebih cepat,  dan juga untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa bagaimana menulis yang benar dengan menggunakan kata dan kalimat baku yang sesuai. “Melakukan penelitia yang berguna sebagai bahan referensi karya tulis yang tentunya harus mempunyai tujuan umum yang artinya penelitian memiliki tujuan penelitian secara keseluruan dari yang ingin dicapai dalam penelitian itu sendiri, dan tujuan khusus dimana tulisan biasanya menggunakan kata-kata operasional sehingga lebih jelas untuk dicapai. Tujuan khusus biasanya juga menjadi penjabaran dari tujuan umum yang saling berkolerasi sehingga menghasilkan tulisan yang spesifik” terang Dr. Haerudin

“Meskipun begitu dalam sebuah penelitian atau penulisan karya tulis ilmiah, tidak harus ada tujuan umum dan tujuan khusus. Jika tujuan umum yang dibuat sudah spesifik maka tidak perlu  membuat tujuan khususnya. Begitupun sebaliknya jika sudah membuat tujuan yang spesifik maka tidak perlu membuat tujuan umum, cukup menuliskan dengan tujuan penelitian saja. Tujuan penelitian kuantitatif sangat berbeda dengan model tujuan penelitian kualitatif, baik dalam hal bahasa maupun fokusnya dalam menghubungkan atau membandingkan variabel-variabe dalam penelitian dan hubungan antar variabel dengan partisipan, dan lokasi penelitian” tambahnya.

Meski demikian dekan FE Unimus menyampaikan dalam sambutannya bahwa penyampaian materi guna untuk mempermudah mahasiswa dalam menyelesaiakan pembelajaran di fakultas Ekonomi khususnya pada Progam Studi S1 Manajemen. Dekan juga menyampaikan agar mahasiswa tetap semangat meskipun dimasa pandemi seperti sekarang ini. Melalui webinar secara online dekan berharap tidak akan mengurangi makna yang ingin narasumber sampaikan. Dengan adanya webinar tersebut dekan berharap bisa menjadi langkah untuk kemajuan dari FE dan sebagai salah satu cara agar tetap produktif, sehingga bisa dijadikan kebiasaan yang baik sehingga bis amenjadi tren pembelajaran yang baru.

Reportase UPT Kehumasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *