Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

PENTINGNYA TINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAGI AKADEMISI

Semarang | Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) bekerjasama dengan UPT Bahasa Asing atau Muhammadiyah Language Center (MLS) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) gelar Webinar penulisan artikel ilmiah bagi tenaga akademisi atau Academic writing pada Selasa (28 / 07 / 2020) di gedung Kuliah bersama lantai 7 kampus Unimus dan disiarkan langsung secara online dengan menggunkaan aplikasi Zoom. Acara tersebut dihadir oleh Kepala UPT Bahasa Asing Dr. Dodi Mulyadi, M.Pd., Dosen, Sivitas Akademika, diikuti oleh 300 peserta yang berasal dari kalangan Mahasiswa, Dosen, Guru dan Tenaga Akademisi internal Unimus dan umum,  dengan narasumber Dr. Dodi Mulyadi, M.Pd. (Ketua MLC/Dosen Mata Kuliah Research Method) dan Siti Aimah, M.Pd. (Dosen Mata Kuliah Academic Writing).

Berbicara tentang penulisan karya tulis ilmiah atau penulisan hasil penelitian bagi sebagian orang menjadi sebagian hal yang berat, dan terkadang menjadi beban untuk menghasilkan sebuah karya tulis, apalagi kemudian harus dipublikasikan dalam jurnal – jurnal internasional. Akan tetapi jika dilihat dari kegunaannya, beban terkait dengan penulisan harus dipenuhi, apalagi jika mengingat bahwa digunakan sebagai salah satu syarat untuk kelulusan bagi mahasiswa tingkat akhir ataupun pada tingkat lanjut atau mahasiswa jenjang berikutnya seperti mahasiswa S2 atau S3, dan juga sebagai kewajiban bagi dosen yang merupakan bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi, selain itu juga sebagai syarat kenaikan pangkat bagi Guru.

Sementara itu Ka.UPT Bahasa Asing atau MLC menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang diselenggarakan sebagai sharing knowledge untuk peningkatan kemampuan terkait dengan kebahasaan, penggunaan grammar, tensis dalam penulisan artikel ilmiah. Pada dasarnya skill atau ketrampilan menulis yang dibutuhkan setiap akademisi bukan cuma dosen bahasa inggris maupun umum. Penulisan artikel ilmiah sangat dibutuhkan baik bagi Dosen, Guru, maupun Mahasiswa tingkat akhir yang akan menyelesaikan program pendidikannya. Sehingga harapannya kegiatan workshop penulisan artikel dengan mengambil tema “Practical English Grammar For Research Paper” bisa lebih membantu peserta untuk meningkatkan kualitas artikel.

Selain itu jika berbicara pelulisan artikel pasti akan adanya sebuah perbedaan mendasar terkait dengan  penulisan baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Perbedaan yang paling besar terdapat dalam tensis atau sebuah kategori tata bahasa (grammar) yang menekankan pada penggunaan kata kerja (verb) yang dikaitkan dengan waktu penggunaannya. Namun dalam perkembangannya dalam bahasa penulisan sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap bahwa  tenses merupakan momok yang memberatkan, tapi jika berbicara tentang mengenai tenses berkaitan dengan perubahan kata kerja baik kata kerja dalam bentuk Present, Pas, atau Future.

Reportase Kehumasan Unimus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *