Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

PERKENALAN DAN PERKUAT MOTIVASI KEPADA CALON MAHASISWA BARU UNIMUS MELALUI KULIAH MOTIVASI SECARA VIRTUAL

Dalam upaya meningkatkan motivasi kepada para mahasiswa baru, UPT Admisi & Marketing Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), menggelar kegiatan ‘Kuliah Motivasi’, yang digelar secara daring di kampus Kedungmundu Semarang, Rabu-Kamis (12-13/8/2020). Kegiatan yang digelar selama dua hari tersebut, diikuti sebanyak 1.300 mahasiswa baru yang sudah melakukan registrasi. Hadir sebagai pembicara, Konsultan Admisi & Marketing sekaligus dosen Informatika Fakultas Teknik Unimus, Muhammad Munsarif S.Kom,M.Kom, dengan materi Tantangan dan Kreativitas Mahasiswa dalam Memulai Bisnis di Era Digital, pada hari pertama kegiatan, Selasa (12/8).  Sementara, dosen Unimus Dr. Ns. M Fatkhul Mubin, M.Kep, Sp.Jiwa dengan materi Berani Berbeda Menuju Sukses, menjadi pembicara pada hari kedua, Rabu (13/8).


Dalam paparannya, Muhammad Munsarif menjelaskan, ada sejumlah kendala yang sering dihadapi untuk memulai usaha, diantaranya ada ketakutan akan rugi atau bangkrut, merasa tidak memiliki masa depan yang pasti jika berwirausaha, hingga merasa bingung dari mana memulai usaha. “Untuk itu, perlu menjadi seorang pengusaha yang cerdas. Seperti apa itu? yakni memahami setiap tindakan  yang akan dilakukan, ikhlas, terencana, terkonsep, dengan langkah dan strategi jitu jangan sekedar iseng atau coba-coba,” terangnya.
Tidak hanya itu, peluang sukses selalu ada, untuk itu perlu kerja keras, lurus dan benar, cermat, serta hemat. “Fokus pada satu bidang dulu, dengan adanya pengalaman, mulai melebar, tapi tidak jauh dari fokus. Harus dimengerti, untuk memahami bisnis bukan pekerjaan sambilan, namun bekerja dengan detail,” tandasnya.  Sementara, Fatkhul Mubin menandaskan agar para mahasiswa baru tersebut, memiliki semangat pantang menyerah dalam menimba keilmuan. Penyampaian motivasi tersebut, bahkan dianalogikan dalam cerita perjuangan seekor katak yang berjuang untuk mencapai puncak menara.”Ketika orang lain pesimis, menyampaikan kata-kata merendahkan, namun dengan kegigihan. Katak tersebut, berhasil mencapai puncak, sementara yang lainnya tidak berhasil. Kenapa kok bisa, ternyata katak tersebut tuli. Artinya, kita jangan pernah mendengar orang lain, yang mempunyai kecenderungan negatif atau pesimis,” terangnya. Hal tersebut penting, karena orang-orang yang mempunyai kecenderungan pesimis, mereka akan mengambil sebagian besar mimpi kita dan menjauhkannya. “Maka berlakulah tuli, jika orang berkata kepadamu bahwa kamu tidak bisa menggapai cita-citamu. Selalu berfikirlah, i can do this, saya bisa melakukannya,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala UPT Admisi dan Marketing PMB Unimus, Ns. Sri Widodo, S.Kep. MSc menjelaskan kegiatan kuliah umum tersebut, digelar untuk memberikan gambaran kepada para mahasiswa baru, sebelum memasuki masa perkuliahan.”Kita harapkan dengan dua pembicara yang dihadirkan, dengan materi yang disampaikan, bisa menambah wawasan para mahasiswa baru. Termasuk untuk memotivasi mereka dalam menjalankan perkuliahan nantinya,” terangnya.Tidak hanya itu, pihaknya juga berharap para mahasiswa baru tersebut, bisa menjadi duta Unimus, untuk bisa menginformasikan beragam unggulan,fasilitas hingga sarana-prasarana yang ada di Unimus, kepada teman, saudara atau kerabat lainnya.”Adik-adik mahasiswa baru ini menjadi duta promosi dan mitra Unimus dalam kaitanya untuk syiar untuk publikasi Unimus. Bahkan untuk kaitanya promosi pendaftaran mahasiswa baru, karena saat ini mungkin teman-temannya yang belum memutuskan kuliah atau masih menunggu di pengumuman UTBK SBMPTN. Kami harapkan adik-adik mahasiswa baru ini nanti mengajak teman-temannya. Harapannya tentu, mereka yang saat ini masih belum memutuskan untuk berkuliah dimana, bisa tertarik dan mendaftar ke Unimus,” jelas Sri Widodo.Tercatat hingga pendaftaran gelombang III, sudah ada sebanyak 1.500 mahasiswa yang teregistrasi, dari target 3.000 mahasiswa baru pada tahun ajaran 2020/2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *