Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Visting Lecture S1 Statistika Unimus ajar Mahasiswa UPSI Malaysia secara Daring

Semarang | tingkatkan system pembelajaran dan bentuk tema teaching Program Studi S1 Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pegetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang (FMIPA Unimus) laksanakan Visiting Lecture ke Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia secara Daring (Online) pada Selasa (15/0/02) bertempat di Gedung Kampus 2 Unimus. Dalam kegiatan tersebut disampaikan materi tentang Elementary Statistic dengan topik “Measurements of Statistics” dengan narasumber M. Alharis, M.Si., Prizka Rismawati Arum, M.Sat., dan Indah Manfaati Nur, M.Si., (Kaprodi) yang merupakan Dosen S1 Statistika FMIPA Unimus dengan moderator Dr. Noorazrin dari Department of Mathematics, FSM UPSI Malaysia. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan kali ketiga sebagai rangkaian Visiting Lecture Series yang dilaksanakan FMIPA Unimus dengan UPSI. Harapannya setelah adanya kegiatan Visiting Lecture tersebut bisa menjadi sarana untuk mengembangkan model – model pembelajaran yang interaktif di masing – masing Negara, sehingga terbentuk komunitas pembelajaran seperti ide dari Lesson Study for Learning Community.

Kaprodi S1 Statistika (Indah Manfaati Nur) memberikan pemarapan materi dalam Visiting Lecture ke UPSI Malaysia

Sementara itu dekan (Dr. Eny Winaryati, M.Pd.) menyampaikan bahwa kegiatan Visiting Lecture tersebut merupakan kegiatan yang akan memberikan dampak positif bagi FMIA Unimus untuk kedepannya sesuai dengan program dekanat yaitu Internasionalisasi dan Doktorisasi dimana seragam dengan visi Universitas. Kegiatan Visiting Lecture tersebut dilaksanakan dari Dosen FMIPA kepada Mahasiswa Fakultas Matematics UPSI dengan harapannya dari kegiatan Visiting Lecture selanjutnya akan terbentuk sebuah Team Teaching antara dosen FMIPA Unimus dengan UPSI Malaysia sehingga bisa saling berkolaborasi dalam mengajar, selain itu juga bisa saling melengkapi serta membuka wawasan pembelajaran yang diterapkan baik di Unimus maupun di UPSI. Sehingga secara tidak sadar system pembelajara sekarang ini merupakan implementasi dari Lesson Studi for Learning Community yang menjadi gagasan pembelajaran khususnya pada fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unimus. Dekan menambahkan dalam wawancaranya “jika lesson study for learning community terbentuk dengan baik, saling mendukukung, maka akan terbentuk tali persaudaraan antar kedua Universitas yang saling menguatkan dan melengkapi antara dosen Unimus dan UPSI”. Selain itu juga dekan menyakini bahwa melalui kegiatan Visiting Lecture tersebut akan menghasilkan system pembelajaran yang baru, dan tentunya memberikan keuntungan – keuntungan untuk kedepannya, sehingga akan mendapatkan pengalaman dan pengayaan bagi kedua belah pihak. Pembelajaran melalui kegiatan Visiting Lecture juga bisa sebagai langkah untuk internasionalisaikan dosen maupun mahaisswa sesuai dengan visi – misi dari Universitas (tutup Dekan).

Peserta Visiting Lecture melalui daring

Visiting lecture selain bisa menjalin silaturahmi dan juga membentuk team teaching antara Unimus dan UPSI Malaysia juga bisa sebagai cara untuk meningkatkan minat dan semangat bagi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan, karena secara tidak sadar bahwa semangat mahasiswa kan bertambah ketika diajar oleh dosen lain, selain itu melalui kegiatan visiting lectur bisa dijadikan sebagai sarana untuk membentuk suatu pengayaan diri, sehingga akan membentuk nilai – nilai karakter yang saling menghargai, menghormati, dan saling dukung dalam menjalankan system penbelajaran yang lebih baik lagi, baik mahasiswa maupun dosen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *