Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

UKM Pramuka Unimus Sukses Gelar Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa Rejosari

UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Pramuka Universitas Muhammadiyah Semarang berhasil melaksanakan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) di Desa Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Program ini merupakan  kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui UKM dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. Terinsiprasi dari mata kuliah Enterpreneurship Kimia yang dipelajari oleh ketua Tim PHP2D UKM Pramuka UNIMUS, Nurohim, memotivasi UKM Pramuka untuk membangun desa ekonomi mandiri dengan memberikan pembinaan pembuatan batik eco-printing.

“Kami berharap semoga warga paham akan potensi alam yangada di sekitar  dan dapat dikembangkan menjadi penghasilan tambahan bagi penduduk serta program ini dapat berkelanjutan dan menginspirasi pemuda untuk membangun desa.” Kata Nurohim, ketua Tim PHP2D UKM PRAMUKA UNIMUS (10/10/2020). Program Pelatihan Batik ini terdiri dari 5 tahap pelaksanaan yaitu tahap pertama sosialisasi mengenai ecoprinting, kedua pelatihan, ketiga pendampingan, sosialisasi pemasaran, hingga akhirnya pemasaran. Sasaran kegiatannya yaitu untuk kelompok ibu-ibu PKK dan pemuda desa rejosari.

“Dari pelatihan ecoprinting ini kami mendapat banyak manfaat diantaranya Ibu-Ibu PKK mendapat pengetahuan mengenai batik ecopritnting dan dapat membuatnya sendiri. Kami harap, kami dapat memproduksi lebih banayak batik dan melakukan pemasaran dengan jangkauan yang lebih tinggi” Kata Ibu Siti Nurfadilah, anggota PKK Desa Rejosari. Dalam pelaksanaan ini output yang dikeluarkan adalah adanya UMKM yang berdiri dan menjadi tempat produksi dari batik ecoprinting yang diproduksi oleh masyarakat Desa Rejosari melalui Ibu-Ibu PKK Desa Rejosari. “Kami berharap semoga dengan adanya pelatihan ini ibu PKK mendapatkan penghasilan lebih dari hasil penjualan batik”, kata Bu Ika, ketua UMKM Batik Ecoprint Desa Rejosari. Sejauh ini, kegiatan berlangsung dengan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Semua tahap pelaksanaan kegiatan sudah terlaksana, untuk saat ini dari UKM Pramuka tetap melaksanakan pemantauan setiap 2 minggu sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *