Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

S1 Statistik Unimus kolaborasi dengan BPS Jateng gelar “Statistic Coaching Clinic”

Semarang | 14 Oktober 2020 bertempat di Aula Lantai 7 gedung Fakultas Kedokteran, Program Studi S1 Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang Gelar kegiatan Statistic Coaching Clinic bekerja sama dengan Badan Pengawas Statistika (BPS) Jawa Tengah. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua BPS Jateng (Bp. Sentot Bangun Widoyono, M.A.), Rektor (Prof. Dr. Masrukhi, M, Pd.), Dekan (Dr. Eny WInaryati, M.Pd), Kaprodi, Dosen dan sivitas akademika FMIPA Unimus, hadir sebagai narasumber Bob Stiabudi, S.Si., M.Si (Ka.Bid Integrasi dan Pengolahan Disamenasi Statistik), Samiran, S.Si., M.T (Ka.Bid Statistik Neraca Wilayah) dan di moderator oleh KaProdi Statistika (Indah Manfaati Nur, M.Si.), dengan Peserta Seluruh Dosen FMIPA dan Masing 2 Perwakilan DOsen dari setiap Prodi di Lingkungan Unimus.
Kegiatan Statistic Coaching Clinic tersebut merupakan kelanjutan dari kunjungan Prodi S1 Statistika FMIPA Unimus pada kantor BPS Jawa Tengah. Didalam kunjungan tersebut disebutkan ada beberapa program yang bisa diakses dan kerjasamakan antara Unimus dengan BPS, diantaranya adalah Statistic Coaching Clinic. Selain itu juga sebagai langkah untuk menyambut hari Statustic yang jatuh pada bulan September lalu ujar Dekan FMIPA (Dr. Eny WInaryatu, M.Pd) disela wawancara kepada media. Kegiatan Statistic Coaching CLinic tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan terhadap dosen tentang keberadaan Statistik didalam dunia pendidikan dan penelitian, karena mengandung banyak manfaat dalam pengolahan data, akan tetapi masih banyak yang kurang paham akan bagaimana mengolah data dengan memanfaatkan statistic, kemudian juga bagaimana penggunaannya dirasa masih belum maksimal. Sementara itu dekan menambahkan Suatu data tentang pendidikan tidak hanya diakses dari data pendidikan saja akan tetapi dari berbagai data – data yang ada di kehidupan sekitar, yang kemudian diolah menjadi sebuat data yang berguna dan kemudian digunakan untuk pendidikan.
Dirasa sangat perlu dan bisa disebut sebagai sumber data sekunder untuk mendukung data – data penelitian, Statistik menjadi sumber untuk mengetahui data prolog atau data pra penelitian yang bisa diambil dan kemudian untuk diolah. Maka dari masalah hal tersebut Prodi S1 Statistika FMIPA Unimus menggelar kegiatan Statistic Coaching Clinc tersebut, dengan sasaran utama adalah Dosen, dan mahasiswa dengan mengusung tema “literasi Data” karena menjadi elemen yang harus diketahui oleh semua orang dari segala lini, sehingga bisa menghindari dari penyebaran data yang tidak benar, hoaks dan isu yang tidak berdasarkan data sehingga apabila tidak bijak dalam penggunaannya bisa merugikan bagi orang lain dan masyarakat luas.
Senada dengan yang diucapkan oleh Dekan FMIPA, Rektor Unimus juga menyampaikan bahwa kegiatan Statistic Coaching clinic tersebut sangat penting bagi para dosen dan peneliti untuk mempertajam analisis kuantitatif dalam penelitian yang dilakukan pada bidang keahlian dan profesi masing – masing. Statistic selain memberikan banyak manfaatnya tapi juga banyak dihindari untuk menggunakannya khususnya pada penelitian khususnya pada penelitian yang menggunakan data yang pasti atau kuantitatif, sehingga akan memilih untuk melakukan penelitian secara kualitatif. Akan tetapi dalam dunia penelitian kedua elemen tersebut harus berjalan beriringan secara pararel pada masalah yang akan dituju atau diteliti sehingga akan memberikan hasil lebih tepat dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *