Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Kerja sama dengan UPSI Malaysia, FBBA Unimus Gelar International Visiting Lecture

Semarang | Mewabahnya virus Covid-19 seperti yang dirasakan saat ini memberikan dampak yang luar biasa. Pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara klasikal, mau tidak mau saat ini harus dilakukan dengan cara jarak jauh (daring) termasuk untuk pengajaran Bahasa Inggris. Oleh karenanya untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing mahasiswa, Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar acara International Visiting Lecture secara online, pada Rabu (28/10/2020). Acara diikuti oleh ratusan mahasiswa baik prodi S1 Sastra Inggris dan S1 Pendidikan Bahasa Inggris dari semester 1 (satu) hingga 7 (tujuh).

Kegiatan kuliah tamu tersebut merupakan bentuk kerja sama antara FBBA Unimus dengan Faculty of Language and Communications Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. Menghadirkan secara virtual Assoc. Prof. Dr. Mazura Muhammad sebagai pembicara, acara tersebut mengangkat tema “Linguistics : Challenges and Opportunities in ESL and EFL for Remote Teaching English”. Hadir dalam kegiatan, Dekan FBBA Unimus Muhimatul Ifadah, M.Pd. Pihaknya menyampaikan bahwa International Visiting Lecture tersebut adalah representasi kerjasama dengan pihak UPSI. “Karena didalam kerja sama ini kami sudah merencanakan rangkaian kegiatan salah satunya adalah visiting lecture, joint publication, student exchange dan magang luar negeri. Selain itu, acara tersebut juga menambah rekognisi bagi Dosen FBBA Unimus, “ paparnya.

Dekan FBBA Unimus juga mengharapkan dengan adanya kerja sama antara FBBA Unimus dan UPSI Malaysia, bisa lebih merepresentasikan kegiatan-kegiatan yang memang bertujuan untuk aplikasi yakni bagaimana pemenuhan kompetensi bahasa bagi mahasiswa baik mahasiswa prodi S1 Sastra Inggris dan S1 Pendidikan Bahasa Inggris Unimus. Mengingat bahasa sebagai alat komunikasi kadang dimaknai sebagai skill yang targetnya adalah kompetensi reseptif bukan produktif, pihak FBBA Unimus ingin menjembatani bagaimana kerjasama tersebut lebih bermanfaat bagi mahasiswa. Rencana awal tahun depan 2021, dosen FBBA Unimus akan bergiliran menjadi pembicara di UPSI Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *