Semarang | Unit Career and Development Centre (UCDC) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) gelar webinar Career Oppoturnity for Female Nurse in the Kingdom of Saudi Arabia pada Selasa (19/1/2021) secara daring. Hadir dalam kegiatan tersebut kepala UCDC Sukojo, S.Sos, Kepala Lembaga Kehumasan, Kerjasama, keprotokoleran dan Urusan Internasional (LK3UI) sekaligus sebagai Sekretaris Bidang Internasional Relation Officer (IRO) M.Yusuf,S.STPi,M.Si,Ph.D. serta diikuti oleh lebih dari 100 peserta alumni, dengan mendatangkan pakar dan sekaligus mitra Kolaborasi Umar Hamid Rawas selaku Direktur PT Millenium Muda Makmur yang merpakan sebuah agensi perekrutan dan penempatan tenaga kerja di luar negri utamnya di Saudi Arabia, juga menghadirkan tiga pembicara  Dr. Ahmed Al Zahrani dari Maleen Medical Hospital, Dr. Ali Almaliki, CEO Ewant International Saudi Arabia, Dr. Mohammed shaad dari Ewant International Saudi Arabia, dan dimoderatori oleh Mamdukh Budiman.

Tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk membahas tentang kesempatan karir perawat wanita di Saudi Arabia, International Prometic test & Recruitment Process. Hal tersebut merupakan salah satu dari program kerja yang telah disusun oleh Unit Career and Development Centre (UCDC) dan International Relation Officer (IRO) Unimus, sebagai unit penyalur pekerjaan bagi alumni Unimus dan sebagai Unit Kerjasama International.

Dijelaskan dalam kegiatan tersebut bahwa untuk saat ini ada banyak kesempatan bagi tenaga perawat Indonesia untuk berkarir di luar negeri khususnya di Saudi Arabia, akan tetapi hal tersebut terhalang dengan kemampuan dalam berbahasa asing bagi tenaga Kesehatan yang ada di Indonesia.

Kepala Career Centre Unimus Sukojo, S.Sos menyampaikan setalah adanya webinar tersebut berharap alumni terutama perawat Unimus punya semangat lebih tinggi untuk mencoba mengikuti proses seleksi perawat di Arab Saudi. Dari webinar yang telah dilaksanakan tantangan yang harus dihadapi adalah test Prometic, hal tersebut dikarenakan masih banyaknya alumni yang terkendala didalam penguasaan Bahasa asing, sehingga melihat hal tersebut untuk kedepannya UCDC akan berkolaborasi dengan PT. Millennium Muda Makmur untuk menyelenggarakan pelatihan atau Test Preparation untuk menyiapkan menuju test Prometic.

Selain itu juga Direktur PT. Millenium Muda Makmur Umar Hamid Rawas menyampaikan apresiasi terhadap Unimus melalui UCDC karna telah bersedia menyelenggarakan webinar Career Oppoturnity for Female Nurse in the Kingdom of Saudi Arabia, hal tersebut menandakan bahwa adanya keterbukaan dan transparansi terkait dengan lowongan kerja dan penyaluran tenaga kerja bagi alumni. Dan  melalui kegiatan webinar tersebut dijelaskan pula bahwa ada banyaknya peluang yang dapat dimanfaatkan oleh alumni Unimus untuk dapat berkarir sebagai perawat di Arab Saudi apabila memiliki tekat dan minat yang kuat. Akan tetapi Umar Hamid Rawas juga menyampaikan untuk dapat berkarir di luar negeri alumni juga harus menyiapkan beberapa kesiapan utamanya kemampuan dalam berbahasa dan juga skill yang mumpuni.

Loading

Leave a Reply