Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

WORKSHOP PENINJAUAN KURIKULUM MAGISTER KEPERAWATAN UNIMUS

Semarang | sebagai program studi baru tentu banyak sekali tantangan yang harus dihadapi dan dijalankan untuk bisa menarik minat masyarakat. Maka dari itu memasuki tahun kedua operasional saat ini, program studi Magister (S2) Keperawatan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) diharuskan bisa untuk meningkatkan dan memperbaikin proses pembelajaran, hal tersebut dapat peroleh dengan melakukan tinjaun kurikulum system pembelajaran.


Ditinjau dari permasalahan tersebut maka, pada Selasa (2/2/2021) Prodi Magister (S2) Keperawatan Unimus gelar kegiatan workshop peninjauan kurikulum di Gedung Kuliah Bersama (GKB) lantai 2. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Program Studi (KaProdi) S2 Keperawatan Dr. Ns. Vivi Yosafianti Pohan, M.Kep, kaprodi S1 keperawatan Dr. M. Fatkhul Mubin, M.Kp Sp.Jiwa, kaprodi D3 Keprawatan Chanif, Ns., S.Kep., MNS, dan Kaprodi Profesi Ners Heryanto Adi Nugroho, Ns SKp., M.Kep., Sp.Kom,MCH serta diikuti oleh seluruh dosen keperawatan Fakultas Keperawatan dan Kesehatan (FIKKES) Unimus.


Kegiatan workshop tinjauan kurikulum tersebut diadakan sebagai salah satu kegiatan rutin prodi S2 Keperawatan dengan tujuan untuk menyesuaikan dengan beberapa kondisi yang terjadi pada saat ini, seperti adanya pandemic virus corona atau Covid 19 yang masih melanda didunia. Maka dengan adanya masalah tersebut kedepannya akan ada penyesuaian kurikulum pada metode pembelajaran, dimana sebelumnya pembelajaran dilakukan dengan full tatap muka secara langsung, dengan adanya situasi pandemic maka pembelajaran akan dilaksanakan dengan jarak jauh, baik system daring dan blanded learning dengan memperhatikan bagaimana hasil persentasenya pencapaiannya.


Sementara itu Kaprodi S2 Keperawatan Ns. Vivi Yosafiantis Pohan, M.Kep, menyampaikan dalam sambutan yang sekaligus memberi paparan bahwa tujuan diadakannya workshop tinjauan kurikulium tersebut adalah antara lain untuk meninjau kembali kurikulum dengan didasarkan pada kurikulum miso magister keperawatan Unimus, melakukan revisi kurikulum sesuai dengan visi, misi, dan keunggulan prodi S2 Keperawatan. Kemudian merevisi distribusi SKS capaian dan sasaran pembelajaran pada masing- masing mata kuliah, dan melakukan finalisasi pada kurikulum S2 Kepwrawatan Unimus.


Sehingga dari workshop tinjauan kurikulum tersebut didapat target capaian yakni tersusunnya kurikulum magister dengan produk dokumen final yang secepatnya harus segera diselesaikan. Dan juga persetujuan dari dosen peserta workshop untuk dokumen kurikulum magister keperawatan dengan melalui diskusi serta Tanya jawab untuk memberikan masukan sehingga akan mengeluarkan hasil yang bisa digunakan dan bermanfaat untuk system pembelajaran magister keperawatan kedepannya.

 

reportase Humas Unimus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *